BALIPORTALNEWS.COM – Menjelang upacara ngenteg linggih di Pura Taman Sekar, Desa Pakraman Tegeh, Kecamatan Baturiti, Tabanan, ratusan warga pengempon Pura Luhur Taman Sekar mengikuti melasti ke Ulun Danu Beratan, Rabu (28/9/2016). Proses melasti diawali dengan matur piuning di pura setempat, yang diikuti seluruh pengempon Desa Pakraman Tegeh.

Upacara melasti juga dilakukan mulang pekelem ke tengah laut, dengan sarana berupa ayam, itik, dan kambing hitam. Upacara melasti ini dipuput Sri Empu dari Griya Kelaci. Proses melasti kemudian diakhiri dengan sembahyang bersama.

Ketua Panitia, yang juga Bendesa Adat I Made Yudiana, mengatakan, puncak karya di Pura  Taman Sekar akan digelar pada 15 Oktober mendatang, bertepatan dengan Purnama Sasih Kapat. Prosesi nyejer selama 11 hari.

“Pembangunan pura telah rampung bulan lalu, setelah proses pembangunan selama kurang lebih tiga tahun. Bulan depan, tepatnya pada Purnama Sasih Kapat, kami akan melaksanakan puncak acara ngenteg linggih,” ujarnya.

Pembangunan pura dikatakan telah menghabiskan dana sekitar Rp 4,5 miliar, yang didapat dari swadaya masyarakat dan punia. Pura Taman Sekar diempon 320 KK, 69 di antaranya berstastus sebagai KK aktif. (ita/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini