Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ketua Tim Penilai Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat Kota Denpasar, dr. Ayu Witriasih, M.Kes., mengharapkan kepada pihak sekolah terutama pengelola kantin untuk menjual makanan dan minuman yang bebas 5 P, yakni pengawet, perasa, penyedap, pengenyal dan pemanis.

‘’Program PKTP pada sekolah bertujuan untuk membina sekolah sebagai wahana pembentukan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah berbagai macam penyakit, khususnya kanker. Karena mayoritas pemacu timbulnya kanker adalah pola hidup yang tidak sehat,’’ jelas dr. Ayu Ayu Witriasih disela-sela penilaian Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di SMAN 2 Denpasar, Rabu (24/8/2016).

Baca Juga :  Bunda PAUD Kota Denpasar Gelar Bimtek Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas, Dorong Komunikasi Kembangkan Pelayanan PAUD

Ia menyebutkan, program PKTP ini diharapkan dapat memberikan pengertian kepada siswa tentang bahaya dari penyakit kanker serta pencegahannya termasuk pola hidup bersih dan sehat, sehingga siswa dapat mentransfernya di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat sekitarnya.

Sebagai contoh siswa SD lebih pada bagaimana berperilaku hidup bersih, mencuci tangan dengan benar dan penyediaan makanan sehat oleh kantin, untuk siswa SMP dan SMA ditambah dengan penyadaran atas bahaya kanker, bagaimana mengenali makanan yang mengandung 5 P dan pengetahuan mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker. (tra/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News