Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ketua Tim Penilai Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat Kota Denpasar, dr. Ayu Witriasih, M.Kes., mengharapkan kepada pihak sekolah terutama pengelola kantin untuk menjual makanan dan minuman yang bebas 5 P, yakni pengawet, perasa, penyedap, pengenyal dan pemanis.

‘’Program PKTP pada sekolah bertujuan untuk membina sekolah sebagai wahana pembentukan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah berbagai macam penyakit, khususnya kanker. Karena mayoritas pemacu timbulnya kanker adalah pola hidup yang tidak sehat,’’ jelas dr. Ayu Ayu Witriasih disela-sela penilaian Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di SMAN 2 Denpasar, Rabu (24/8/2016).

Ia menyebutkan, program PKTP ini diharapkan dapat memberikan pengertian kepada siswa tentang bahaya dari penyakit kanker serta pencegahannya termasuk pola hidup bersih dan sehat, sehingga siswa dapat mentransfernya di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat sekitarnya.

Sebagai contoh siswa SD lebih pada bagaimana berperilaku hidup bersih, mencuci tangan dengan benar dan penyediaan makanan sehat oleh kantin, untuk siswa SMP dan SMA ditambah dengan penyadaran atas bahaya kanker, bagaimana mengenali makanan yang mengandung 5 P dan pengetahuan mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker. (tra/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini