BALIPORTALNEWS.COM – Sebagai wujud bakti terhadap sulinggih Pemkot Denpasar melalui Bagian Kesra Setda Kota Denpasar, menyerahkan punia perlengkapan upacara dan sesari sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) kepada 190 sulinggih yang ada di Kota Denpasar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar I Gusti Ngurah Mataram disela-sela penyerahan punia pada Ida Pedanda Gede Made Putraka Timbul di Geriya Timbul, Denpasar, Kamis (25/8/2016).

Lebih lanjut Ngurah Mataram mengatakan, penyerahan punia pada sulinggih tersebar di empat kecamatan Kota Denpasar yakni Kecamatan Denpasar Timur sebanyak 38 sulinggih, Denpasar Selatan 68 sulinggih, Denpasar Barat 41 sulinggih dan Denpasar Utara sebanyak 43 sulinggih.

Baca Juga :  Wabup Suiasa, Kembali Bagikan Punia untuk Pemangku dan Srati Banten

Terkait dengan bantuan yang diberikan pada sulinggih Ngurah Mataram menambahkan, nilai punia yang diberikan pada sulinggih mungkin tidak begitu besar dibandingkan tugas para sulinggih yang selalu mendoakan agar Kota Denpasar khususnya dan Bali selalu aman dan damai.

Karena menurut Ngurah Mataram pembangunan kota Denpasar bukan dalam bentuk fisik saja tetapi juga sipiritual salah satu yang dilakukan dengan memberikan bantuan pada para sulinggih. “Pemerintah Kota berharap punia yang diberikan dapat bermanfaat bagi para sulinggih,” ujar Ngurah Mataram.

Baca Juga :  Jaga kebersihan Pura, Bupati Tamba Tempatkan Petugas Kebersihan di Pura Kahyangan Tiga

Terkait jenis bantuan yang diberikan Ngurah Mataram mengatakan, Pemkot secara rutin menyerahkan punia kepada para sulinggih yang ada di wilayah Kota Denpasar. Untuk tahun ini punia kepada sulinggih istri berupa saran pengelukatan.

Lebih lanjut Ngurah Mataram menambahkan untuk punia tiap tahun pada sulinggih berbeda-beda sesuai hasil paruman para sulinggih. "Pemerintah Kota Denpasar memberikan bantuan pada sulinggih tiap tahunnya berbeda-beda sesuai dengan hasil paruman para sulinggih. Perlengkapan apa yang diperlukan untuk pelaksanaan upacara," ujarnya.

Ida Pedanda Made Putraka Timbul mengatakan terimakasih atas perhatian yang diberikan Pemkot Denpasar pada para sulinggih. Dengan bantuan yang diberikan Pemkot Denpasar lebih mengetahui keberadaan para sulinggih di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Jaga kebersihan Pura, Bupati Tamba Tempatkan Petugas Kebersihan di Pura Kahyangan Tiga

Lebih lanjut Ida Pedanda Made Putraka mengatakan, besar kecilnya bantuan yang diberikan Pemkot Denpasar pada para sulinggih adalah merupakan hal mulya. “Kita dari pihak sulinggih tidak melihat nilai dari besar kecilnya jumlah bantuan tersebut,” ujar Ida Pedanda Made Putraka Timbul saat menerima rombongan penyerahan punia.

Lebih lanjut Ida Pedanda Made Putraka Timbul menambahkan punia yang diberikan Pemkot Denpasar menandakan tingginya perhatian Pemkot Denpasar pada para sulinggih. (gst/humas pemkot dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini