Pertamina
Sinergi Pertamina dengan Pemkot Denpasar, Luncurkan Program CSR Skizopreneur, Senin (1/8/2022). Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pertamina melalui Fuel Terminal Sanggaran mewujudkan kepeduliannya melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) pada isu pemberdayaan disabilitas bagi kelompok Orang Dengan Skizofrenia (ODS) yang tergabung dalam komunitas Rumah Berdaya Denpasar.

Program Skizopreneur (Skizofrenia Entrepreneur) ini merupakan program pemberdayaan disabilitas pertama milik Fuel Terminal Sanggaran dengan produksi dupa herbal. Program ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan ekonomi ODS sehingga ODS dapat berdaya dan mandiri dalam meningkatkan taraf hidupnya. Tahun ini, bentuk kegiatan Skizopreneur beragam seperti pengadaan tiga mesin dupa manual, benchmarking dupa herbal di Dupa Ayur Mengwi dan pelatihan regular dupa herbal bersama fasilitator.

Program Skizopreneur diresmikan langsung Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Fuel Teminal Manager Sanggaran, Firman Nugroho di Rumah Berdaya Denpasar pada Senin (1/8/2022).

Program Pemberdayaan Disabilitas, Skizopreneur telah memiliki rencana keberlanjutan program dalam jangka 3–5 tahun mendatang.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Ibadah Paskah MPUK Denpasar, Komitmen Wujudkan Kerukunan Umat Beragama Ciptakan Masyarakat Produktif dan Kreatif

Produksi dupa herbal dipilih karena merupakan salah satu inovasi di rumah berdaya dengan menciptakan produk ramah lingkungan. Selain itu, program berkelanjutan ini akan terus melakukan perbaikan dalam menjaga kualitas produk. Pengembangan kemasan pun akan turut dilakukan bersamaan dengan produksi dupa ini secara rutin. Pemasaran sementara akan dilakukan kepada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) khususnya di Kota Denpasar serta perusahaan seperti Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Sanggaran.

Wali Kota Denpasar, Jaya Negara di sela-sela acara menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pertamina Pesanggaran yang telah turut serta dalam percepatan penanganan permasalahan sosial di Kota Denpasar.

Baca Juga :  NURULS, Tips Berbelok di Persimpangan untuk Wanita Agar Selalu #Cari_Aman
Pertamina
Wali Kota Denpasar, Jaya Negara mencoba membuat dupa di Rumah Berdaya Denpasar, Senin (1/8/2022). Sumber Foto : tis/bpn

“Kali ini teman-teman dengan skizofrenia di Rumah Berdaya Denpasar mendapat bantuan tiga mesin alat cetak dupa manual, serta 10 buah kursi roda yang akan disalurkan melalui Dinas Sosial dan K3S Denpasar kepada disabilitas dan lansia yang membutuhkan bantuan di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty menambahkan, peningkatan mitra bina usaha pemerintah, dalam bentuk TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan), kali ini datang dari Pertamina Pesanggaran yang memberikan bantuan alat cetak dupa manual dan juga memberikan pendampingan pelatihan untuk penyandang Skizofrenia kreatif dan mereka dapat beraktivitas dengan normal.

“Inilah yang kita maksudkan program inklusi dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam dengan semangat gotong royong bersama OPD terkait, Dinas Sosial, Disperindag dalam bidang desain kemasan dan dari Pertamina dalam memberikan bantuan dan pendampingan dalam pelatihan membuat dupa,” ucapnya.

Baca Juga :  PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

Fuel Terminal Manager Sanggaran, Firman Nugroho dalam kesempatan ini mengungkapkan besarnya harapan perusahaan agar program CSR dapat berdampak ekonomi bagi kelompok Orang Dengan Skizofrenia (ODS) di Kota Denpasar yang tergabung di Rumah Berdaya.

“Sebagai kelompok binaan Fuel Terminal Sanggaran, ODS Rumah Berdaya akan mendapatkan Pendampingan dan pengembangan yang akan kami terus lakukan pada periode program. Kami juga memberikan 10 buah kursi roda bagi masyarakat disabilitas dan lansia yang membutuhkan melalui Dinas Sosial Kota Denpasar. Sekali lagi, semoga program Skizopreneur mampu memberdayakan ODS kota Denpasar untuk menuju kemandirian,” ucap Firman.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News