Senderan Jebol
Tim reaksi cepat (TRC) Regu III BPBD Kabupaten Buleleng saat melakukan gotong royong di lokasi kejadian. Sumber Foto : Istimewa.

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Hujan deras akibatkan senderan pekarangan rumah warga hingga bahu jalan di Banjar Dinas Belulang, Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Buleleng jebol, pada Kamis (2/3/2023), sekitar pukul 18.00 WITA. Akibatnya akses jalan tidak bisa dilalui lantaran tertutup material longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, saat dikonfirmasi Jumat (3/3/2023) membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dimana senderan pekarangan rumah dengan ukuran 10×8 meter jebol dan menimpa toilet milik seorang warga bernama Ni Ketut Supardi.

Baca Juga :  Buleleng Terima Dana Hibah dari Pemkab Badung Senilai Rp11 Miliar Lebih

Selain itu, jebolan badan jalan dengan ukuran 1×7 meter telah menutupi seluruh akses jalan, sehingga warga Desa Sepang harus menggunakan jalan alternatif untuk sementara waktu. Kini Jumat (3/3/2023) sekitar pukul 07.00 WITA, Ariadi Pribadi mengaku telah menerjunkan tim reaksi cepat (TRC) Regu III BPBD Kabupaten Buleleng untuk melakukan assessment ke lokasi kejadian.

“Ada senderan dan juga bahu jalan yang jebol di daerah itu. Kita juga sudah terjunkan TRC Regu III ke lokasi kejadian,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi

Baca Juga :  Tarik Minat Siswa, Sekda Buleleng Dorong Anggota Pramuka Lebih Kreatif dan Inovatif

Lebih lanjut, Ariadi menyebut TRC Regu III BPBD Kabupaten Buleleng juga bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng, Damkar Kabupaten Buleleng, Masyarakat dan Aparat Setempat untuk bergotong royong membersihkan seluruh material longsor.

“Kami menggunakan satu arco, tiga skop dan tiga cangkul, akhirnya secara perlahan material longsor tersebut bisa dibersihkan dan akses jalan sudah bisa di lewati,” terang Ariadi Pribadi.

Hingga akhirnya setelah kurang lebih lima jam, proses gotong royong selesai dilakukan. Seluruh material longsor juga telah dibersihkan, sehingga akses jalan bisa kembali dilalui. Namun akibat peristiwa tersebut kerugian ditafsir kurang lebih sebesar Rp85 juta.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News