Beton
Waspada Agar Selalu #Cari_Aman Berkendara di Jalan Beton. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Berkendara di jalan beton berbeda dengan jalan aspal, karena struktur jalan beton lebih kasar dan cenderung bergelombang. Jalan berbeton biasanya durabilitasnya lebih tinggi dari jalan aspal, jika dilalui oleh kendaraan ukuran besar jalan beton relatif lebih awet dan ekonomis, namun jika dari pengguna kendaraan bermotor, jalan berbeton dianggap tidak nyaman untuk dilalui dibandingkan dengan jalan aspal karena daya cengkram ban kendaraan tidak optimal.

Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai saat berkendara di jalan beton, berikut Tips #Cari_Aman berkendara yang dibagikan oleh team safety riding Astra Motor Bali.

  1. Selalu melaju di kecepatan 40 – 60 km/h, agar kendaraan mudah dikendalikan. Menjaga kecepatan adalah hal yang penting saat berkendara di jalan yang berbeton karena tingkat kenyamanan tentunya berbeda dengan dijalan aspal.
  2. Beristirahatlah sejenak, karena saat berendara di jalan beton membutuhkan effort lebih yakni permukaan beton bergelombang dan membuat kita cepat lelah saat berkendara,
  3. Waspada terhadap sambungan tiap permukaan jalan beton yang tidak rata yang membuat motor oleng. Selain dua tips yang di atas, wajib juga diperhatikan sambungan permukaan jalan Ketika kendaraan melaju.
  4. Mengerem di jalan beton lebih lembut daripada mengerem di aspal. Hindari pengereman secara mendadak karena akan membahayakan pengendara.
  5. Waspada saat hujan karena air lebih mudah menggenang di permukaan jalan beton. Pengendara wajib berhati-hati dan awas dalam hal pandangan berkendara.
  6. Ketika siang akan sangat menyilaukan, gunakan helm yang dilengkapi visor gelap, agar pengendara lebih nyaman.
Baca Juga :  Honda Jadi Pabrikan Non Eropa yang Paling Banyak Menangi di F1 GP Italia

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius menyebutkan berbeda dengan jalan aspal, saat berkendara di jalan beton tentunya membutuhkan tekik berkendara khusus agar selalu aman.

“Dengan berbagai cara edukasi dilakukan agar selalu #Cari_Aman di jalan raya, salah satunya berbagi tips baik itu berendara maupun mengenal area sekitar saat berkendara dan sebaiknya selalu fokus agar mampu menganalisa dengan baik ketika berkendara menggunakan motor. Akan lebih baik jika selalu lakukan prediksi bahaya saat melintasi jalan beton,” Yosepth Klaudius.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News