Hari Koperasi ke-77 tahun 2024
Pj Bupati Buleleng Inginkan Koperasi Lebih Bergerak Maju dan Inovatif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana menginginkan koperasi khususnya yang ada di Kabupaten Buleleng untuk lebih bergerak maju dan inovatif.

Hal itu disampaikannya saat melepas peserta jalan santai dalam rangka Hari Koperasi ke-77 tahun 2024 di Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Jumat (19/7/2024).

Lihadnyana menjelaskan, langkah yang harus dilakukan koperasi dalam pengembangannya adalah senantiasa mengibarkan semangat dan menyongsong cita-cita Indonesia Emas 2045. Koperasi harus terus bergerak dan mengembangkan diri lebih maju. Harus lebih kreatif dan inovatif serta cepat dalam menumbuhkan ide. Termasuk bekerja secara kolaborasi guna mendukung strategi pengembangan koperasi yang berdaulat dan mandiri.

“Ini semua sesuai dengan tema Hari Koperasi tahun ini yaitu Koperasi Mitra Pemerintah Membangun Ekonomi Nasional yang Berdaulat dan Mandiri Menuju Indonesia Emas,” jelasnya.

Baca Juga :  Tanam Ribuan Pohon, AHM Perkuat Upaya Penyerapan Karbon untuk Mitigasi Perubahan Iklim

Pj Bupati yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini juga menginginkan SDM koperasi untuk menguasai teknologi digital. Penguasaan akan teknologi digital akan mendukung manajemen tata kelola koperasi yang sehat, kuat dan berdaya saing tinggi. Dengan begitu, koperasi mampu menunjukkan perannya dalam melakukan konsolidasi terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar usahanya lebih bernilai ekonomis.

“Sehingga koperasi benar-benar menjadi solusi untuk memberikan kepastian pemberian produk, kepastian akses inovasi teknologi, kepastian kemitraan, bahkan permodalan, serta menjadi pionir dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi baik secara nasional maupun regional,” ujar Lihadnyana.

Baca Juga :  Astra Motor Dukung Bali United di Liga 1 Musim 2024/2025

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Buleleng, Nengah Tenaya dalam sambutannya menyebutkan kegiatan jalan santai ini juga dirangkaikan dengan Gelar Pasar Rakyat. Peserta dari kegiatan ini adalah gerakan koperasi, Forkopimda Buleleng, instansi daerah, BUMD, instansi vertikal, dan pelaku UMKM. Jalan santai dan gelar pasar rakyat ini merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan dalam rangka Hari Koperasi ke-77 tahun 2024.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan Pj Bupati Buleleng dan juga sinergi program program Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM Kabupaten Buleleng, Gerakan Koperasi se-Kabupaten Buleleng, UMKM, dan pelaku usaha lainnya,” sebutnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News