Donor Darah
Kegiatan Donor Darah di Lanud I Gusti Ngurah Rai sebagai Bentuk Kepedulian Sosial. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Kegiatan donor darah kembali digelar sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama, mengingat betapa bermanfaatnya setetes darah bagi keselamatan jiwa orang lain, serta memiliki manfaat kesehatan bagi pendonornya. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti ke-77 TNI AU Tahun 2024 di Gedung Serbaguna Bima Sakti, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (16/7/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Agni Prayogo menyatakan harapannya agar kegiatan donor darah ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

Baca Juga :  Ribuan Pengunjung Antusias Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Melalui Indonesia Bertutur di Peninsula Island

“Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PMI Provinsi Bali serta berbagai pihak atas dukungan dan partisipasinya pada pelaksanaan donor darah ini,” kata Kolonel Agni Prayogo.

Ia juga menjelaskan bahwa peringatan Hari Bakti ke-77 TNI AU ini diperingati setiap tanggal 29 Juli.

Kegiatan sosial ini diselenggarakan oleh Sikes Lanud I Gusti Ngurah Rai bekerja sama dengan PMI Provinsi Bali, serta diikuti oleh sejumlah anggota Lanud I Gusti Ngurah Rai, Pia Ardhya Garini Cabang 5 D/2 Lanud I Gusti Ngurah Rai, dan beberapa undangan perwakilan dari instansi terkait seperti Raider 900/Satya Bhakti Wirotama (SBW) Kodam IX/Udayana, Lanal Denpasar, Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Polsek Kuta, SAR, Bea Cukai, PT Angkasa Pura, PT Gapura Angkasa, dan Imigrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para Kadis Lanud I Gusti Ngurah Rai, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 5 D/2 Lanud I Gusti Ngurah Rai beserta sejumlah pengurus, serta puluhan anggota Lanud I Gusti Ngurah Rai. Kegiatan ini diselingi dengan penyerahan piagam penghargaan dan berhasil mengumpulkan sebanyak 82 kantong darah. Namun, beberapa calon pendonor tidak dapat mendonorkan darahnya karena terkendala kondisi kesehatan atau tensi yang tidak memenuhi syarat untuk donor.

Baca Juga :  Langkah Antisipatif Bandara I Gusti Ngurah Rai Menyikapi Status Mpox Sebagai Kedaruratan Kesehatan Global

Selain kegiatan donor darah, jelang peringatan Hari Bakti ke-77 TNI AU kali ini juga akan digelar kegiatan bakti sosial (baksos) kesehatan di Buleleng, aksi bersih-bersih di sekitar wilayah pantai, dan pelepasan sejumlah tukik (anak penyu). (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News