Kebakaran
Hektaran Lahan Kebun Mete dan Mangga di Desa Tianyar Tengah Terbakar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kebakaran hebat melanda lahan kebun mete dan mangga milik warga di Banjar Dinas Munti Desa, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, pada Jumat (19/7/2024). Api melalap hektaran lahan tersebut, mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem, I Made Agus Bidiasa, mengungkapkan bahwa luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 6 hektar. Kondisi rumput ilalang yang kering serta tiupan angin di lokasi kejadian diduga turut mempercepat penyebaran api sebelum akhirnya berhasil dikendalikan oleh petugas Damkar Karangasem dengan bantuan warga sekitar.

Baca Juga :  Politisi Senior PDI Perjuangan Karangasem Beralih Dukungan ke Gus Par - Guru Pandu

“Luas kebun yang terbakar mencapai 6 hektar. Untuk penyebabnya, kami belum tahu. Kami telah mengerahkan 4 unit armada beserta personil ke lokasi untuk melakukan penanganan. Kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah,” kata Budiasa.

Budiasa menambahkan, selama proses penanganan kebakaran, seluruhnya berjalan dengan aman dan lancar berkat dukungan dari masyarakat. Dengan meningkatnya intensitas kebakaran lahan, Damkar Karangasem berencana untuk menyiagakan atau berpatroli di wilayah Kubu seperti yang dilakukan tahun lalu.

“Jika intensitas kebakaran lahan meningkat, kami akan siaga patroli di wilayah Kubu seperti tahun lalu,” imbuh Budiasa.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News