Pecalang
Empat Desa di Kecamatan Abang Laksanakan Nyepi Adat, Pecalang Jaga Ketat Setiap Perempatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Suasana pagi ini, Senin (22/7/2024), di seputaran jalur Desa Abang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, tampak sangat sepi. Aktivitas perkantoran dan sekolah-sekolah tampak terhenti, seiring dengan pelaksanaan catur brata penyepian yang merupakan bagian dari Nyepi adat di Desa Adat Kesimpar.

Nyepi adat di Desa Adat Kesimpar berlangsung mulai pukul 07.00 WITA hingga 16.00 WITA hari ini. “Nyepi adat ini dilaksanakan setiap tahun setelah upacara usaba dodol di Pura Puseh setempat,” ujar I Komang Arya, salah seorang pengurus pecalang Desa Adat Kesimpar yang berjaga di kawasan perempatan Desa Abang.

Baca Juga :  Terinspirasi dari Harimau Bali, Gong Kebyar Wanita Kecamatan Melaya Tampilkan Tabuh Kreasi "Shardula"

Menurut Arya, pelaksanaan Nyepi adat ini mencakup empat desa dinas, yaitu Desa Kesimpar, Desa Abang, Desa Nawakerti, dan Desa Pidpid. Meskipun pelaksanaannya mirip dengan Nyepi pada umumnya, ada perbedaan dalam waktu dan lama pelaksanaannya.

Selama Nyepi adat, seluruh perbatasan hingga perempatan jalan dijaga ketat oleh anggota pecalang, dengan dukungan dari personel Babinkamtibmas Polsek Abang. Sementara lalu lintas di jalan pusat masih berjalan seperti biasa, kendaraan yang hendak memasuki wilayah desa adat tidak diperkenankan selama pelaksanaan Nyepi adat.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News