MPLS Badung
Disdikpora Buka MPLS Kabupaten Badung 2024, Menyongsong Masa Depan dengan Merdeka Belajar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Kabupaten Badung pada Senin (15/7/2024) di SMPN 1 Petang. Acara ini dipimpin langsung oleh Kadisdikpora Badung, I Gusti Made Dwipayana, dengan tema ‘Melalui MPLS Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar Sesuai Minat, Bakat dan Potensi Peserta Didik’.

Dwipayana menyatakan bahwa MPLS di Kabupaten Badung adalah momentum penting untuk mempercepat pendidikan yang merata dan berkualitas bagi semua anak bangsa. MPLS bertujuan melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan mempersiapkan masa depan siswa.

Baca Juga :  UNUD Tingkatkan Kapasitas SDM Desa Yehembang Kangin Melalui Program Udayana Mengabdi KKN PPM: Pelatihan Media Sosial dan Kepemanduan Wisata

“Saya minta kepada semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan MPLS agar tetap mengacu pada Permendikbud No. 18 tahun 2016,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa platform merdeka belajar yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek mendekatkan kita pada cita-cita Ki Hajar Dewantara. Dengan platform rapor pendidikan, kepala sekolah dan kepala daerah dapat memonitor kualitas pendidikan dan melakukan perbaikan layanan pendidikan.

“Diharapkan Kabupaten Badung dapat bersaing dan berprestasi baik secara akademik maupun non-akademik,” jelasnya.

MPLS akan digelar selama tiga hari, dari 15-18 Juli 2023, dengan peserta terdiri dari 4.374 siswa SD dan 5.779 siswa SMP.

Baca Juga :  Kemeriahan Perayaan Hari Kemerdekaan “Merdeka Fest 2024” di GWK Cultural Park

“Melalui MPLS ini, anak-anak dapat berkembang dan mengenal lingkungan baru di sekolah masing-masing, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik,” harapnya.

Ketua Panitia MPLS Kabupaten Badung 2024, I Nyoman Agus Satwika Ariada, menyampaikan bahwa tujuan MPLS adalah menggali potensi diri peserta didik baru, membantu adaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi dan cara belajar efektif, serta mengembangkan interaksi positif dan perilaku baik.

“Kami ucapkan selamat kepada siswa baru yang telah diterima di sekolah negeri maupun swasta,” tambahnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News