Menikung
Begini Tips Menikung Untuk selalu #Cari_Aman Saat Berkendara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam berkendara ada beberapa teknik yang wajib diketahui oleh pengendara bermotor. Salah satunya yaitu gaya menikung sebab jika sampai salah dalam menikung akan berakibat fatal bisa jatuh dari motor dan bisa terjadi kecelakaan.

Kali ini Astra Motor Bali melalui Team Safety Riding Instructor akan memberikan tips menikung dengan aman.

  1. Kurangi kecepatan

Sebelum masuk tikungan turunkan kecepatan, jika kecepatan di 40 kpj, posisi aman untuk melakukan pengereman setidaknya pada jarak 10 meter sebelum masuk tikungan. Lakukan pengereman menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Teknik Lean With the Bike bisa dilakukan dalam kecepatan yang tidak terlalu tinggi atau terlalu lambat.

  1. Pandangan menoleh ke arah tikungan yang dituju
Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Lepas Kirab Obor dan Apresiasi Kepahlawanan Desa Kesiman Petilan

Arah pandang mata menjadi salah satu kunci penting saat menikung dengan teknik apa pun. Karena pandangan adalah pusat keseimbangan sekaligus secara otomatis akan mempengaruhi arah laju sepeda motor.

  1. Jangan mengerem dan gas konstan saat menikung

Saat menikung otomatis motor pada posisi miring, jangan mengubah kecepatan secara ekstrim karena berpotensi menggangu keseimbangan. Karena itu, arahkan pandangan ke arah yang dituju. Selain untuk menjaga sepeda motor tetap berada di jalurnya, pengendara bisa melihat dan mengantisipasi potensi bahaya yang ada di depan.

  1. Tambah gas jika sudah melewati tikungan
Baca Juga :  Lepas Kontingen Bali untuk PON XXI, Pj Gubernur Mahendra Jaya Optimis Raihan Medali Atlet Bali 'Meleset' di Atas Target

Saat akan keluar tikungan, tetap focus pada arah depan dan sekelilingnya, serta tingkatkan kecepatan dengan membuka bukaan gas secara perlahan untuk mendorong motor kembali ke posisi tegak sehinga laju kambali normal.

Selain memperhatikan tips diatas, pengendara juga perlu melihat beberapa hal lain sebelum menikung seperti kondisi ban, kondisi jalan (berpasir, tanah, basah, dll), sistem pengereman, kualitas jalan (aspal, beton), kondisi lingkungan (dataran rendah, dataran tinggi).

Untuk dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan menikung di jalan, dianjurkan untuk mengikuti pelatihan safety riding dari instruktur yang ada di main dealer Astra Motor Bali.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Porseni Desa Adat Ubung

“Ingat, kemanapun tujuan berkendara agar selalu #Cari_Aman agar perjalanan lancar, aman dan selamat,” ungkap Yosepth Klaudius.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News