penampilan Sekaa Janger Hasta Komala
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristy Arya Wibawa saat menyaksikan penampilan Sekaa Janger Hasta Komala, Br. Betngandang, Sanur Kauh, Kecamatan Densel, sebagai Duta Kota Denpasar pada Utsawa Janger Tradisi Remaja PKB XLVI di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre, pada Kamis (11/7/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Penampilan Sekaa Janger Hasta Komala, Br. Betngandang, Sanur Kauh Duta Kota Denpasar menadi duta terakhir Kota Denpasar pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024. Sekaa Janger Hasta Komala sukses memberikan penampilan terbaiknya pada Utsawa Janger Tradisi Remaja PKB XLVI di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre, pada Kamis (11/7/2024).

Turut hadir serta memberi dukungan di tengah para penonton Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristy Arya Wibawa, serta Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar. Sekaa Janger Hasta Komala Duta Kota Denpasar sukses memukau ribuan penonton yang hadir dengan penampilan kesenian Tari Janger berjudul Cupak Dadi Ratu.

Koordinator Sekaa Janger Hasta Komala, I Made Suda saat ditemui pihaknya mengaku sangat bersyukur dapat tampil dengan baik pada pementasan Utsawa Janger Tradisi Remaja PKB XLVI di Gedung Ksirarnawa. Dimana, pihaknya mengaku telah melaksanakan persiapan yang sangat panjang untuk membina para penabuh dan penari guna memberikan yang terbaik sebagai Duta Kota Denpasar pada Utsawa Janger Tradisi Remaja.

Lebih lanjut dijelaskan, pada pementasan ini Sekaa Janger Hasta Komala sebagai Duta Kota Denpasar membawakan penampilan yang berjudul Cupak Dadi Ratu.

Baca Juga :  Wujudkan Kota Bersih dan Tertib, Satpol PP Denpasar Kembali Tertibkan Baliho dan Spanduk di Fasilitas Umum

Dikatakan Made Suda, Cupak Dadi Ratu merupakan kisah cerita perang pelengkungan di Kerajaan Kediri yang melibatkan dua saudara yakni I Cupak dan I Gerantang. Karena I Cupak dan I Gerantang ini bermasalah lalu I Cupak mengalah dan meninggalkan Kerajaan Kediri dan melakukan perjalanan yang panjang hingga menemukan sebuah balai banjar dan seperangkat gambelan di desa yang sangat sepi.

Setelah I Cupak memainkan gambelan di banjar tersebut lalu sontak para penduduk berdatangan dan menceritakan bahwa desanya yang bernama Obag Wesi terkena bencana yang disebabkan oleh burung garuda yang mencari mangsa manusia. Dan tak lama kemudian I Cupak menawarkan diri untuk melawan hingga mengalahkan burung garuda. Dan mulai saat itu Kerajaan Obag Wesi kembali aman dan I Cupak dinobatkan sebagai raja di Kerajaan Obag Wesi dan menikah dengan putri raja.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas, Mecaru dan Mendem Pedagingan di Balai Banjar Adat Peken

“Kami sangat bersyukur telah mampu memberikan penampilan maksimal pada hari ini, sehingga latihan dan pembinaan yang kami laksanakan dapat memberikan hasil yang maksimal, dan kita bersyukur dapat memberikan yang terbaik untuk Kota Denpasar,” ungkap Made Suda.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memberikan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya Sekaa Janger Hasta Komala, Br. Betngandang, Sanur Kauh, Kecamatan Densel sebagai Duta Kota Denpasar terakhir pada pementasan Utsawa Janger Tradisi Remaja PKB XLVI Tahun 2024.

Baca Juga :  Lepas Kontingen Bali untuk PON XXI, Pj Gubernur Mahendra Jaya Optimis Raihan Medali Atlet Bali 'Meleset' di Atas Target

Tak hanya itu, pihaknya juga mengaku kagum dengan ide dan konsep berkesenian seniman Denpasar. Hal tersebut dapat dilihat dari konsep, pola tabuh dan tari serta penggunaan properti yang disesuaikan dengan tema. Sehingga garapan yang dibawakan dapat dinikmati penonton dengan baik.

“Tadi kita saksikan penampilanya sudah maksimal dan luar biasa, garapan yang ditampilkan juga sangat perfek, terlebih makna yang mendalam dengan judul garapan Cupak Dadi Ratu, sehingga pementasan ini memberikan semangat sebagai pembuktian bahwa seniman Denpasar sangat luar biasa,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News