Plan Sicerdas PAUD
Tinjau Plan Sicerdas PAUD Denbar, Antari Jaya Negara Harapkan Sinergi Semua Pihak Sukseskan Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Masih dalam semarak peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei lalu, Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kecamatan Denpasar Barat, menggelar kegiatan Pelayanan Terintegrasi Cepat Ramah Senyum (Plan Sicerdas), di kantor Kecamatan setempat, Sabtu (18/5/2024). Hadir untuk meninjau pelaksanaan rangkaian kegiatan itu, Bunda Literasi sekaligus Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara.

Bertajuk “Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan”, kegiatan ini digelar untuk memfokuskan agar siswa PAUD dan SD pada kelas awal dapat menjalani proses pembelajaran yang bermakna sehingga menjadi pembelajar seumur hidup.

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara yang didampingi Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, menyebut Upaya mensukseskan program Transisi PAUD-SD yang menyenangkan, harus sejalan dengan sinergitas, komitmen dan konsistensi para pendidik, pemerintah dan juga masyarakat secara umum.

“Mudah-mudahan melalui program Plan Sicerdas ini, upaya mensukseskan program transisi ini dapat terealisasi dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Resmi Dibuka, Bali Jagadhita V Tahun 2024 Mengangkat Semangat Pemberdayaan Ekonomi dan Pariwisata

Antari Jaya Negara juga mengapresiasi pelaksanaan Plan Sicerdas PAUD Denbar, sebagai sebuah langkah yang mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan bernuansa literasi dan juga pendidikan. Juga, dia menilai kegiatan ini merupakan jembatan bagi anak-anak untuk menjadi generasi emas Indonesia.

“Kegiatan ini adalah langkah kerja nyata yang langsung bersentuhan dengan para anak usia dini. Saya ucapkan terima kasih, atas upaya Bunda PAUD Kecamatan Denbar dan Bunda PAUD Desa/Kelurahan yang telah menggagas program ini. Mudah-mudahan kegiatan serupa dapat diadakan juga di lokasi lainnya, dengan harapan PAUD berkualitas dapat merata di Kota Denpasar,” harap Ny. Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Penerimaan Pajak Kanwil DJP Bali Melonjak 32,34 Persen di Awal 2024, Capai Rp5,45 Triliun

Sementara itu, Bunda PAUD Kecamatan Denpasar Barat, Ny. Ida Ayu Maharatni Purwanasara selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan memaparkan, terdapat beberapa kegiatan yang digelar pada program ini. Yakni, kegiatan konseling untuk orang tua dan pendidik, kegiatan bermain Alat Permainan Edukatif, pemeriksaan kesehatan untuk anak didik, dan sebagainya.

Lebih dari itu, kegiatan kolaboratif ini juga melibatkan berbagai OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan kepada anak didik. Antara lain, seperti pemberian Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Dinas Dukcapil, Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK) oleh Puskesmas 1 dan 2 Denbar, Perpustakaan Keliling oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta dukungan dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Pasraman Yowana Dauh Puri Kaja 

“Kami juga menggandeng pihak Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Bali, dalam memberikan konsultasi kepada orang tua siswa baik PAUD dan SD yang memiliki kendala dalam pengasuhan atau pendampingan belajar pada anak-anak mereka,” ucapnya.

Seluruh rangkaian kegiatan Plan Sicerdas PAUD Denbar ini ditutup dengan peninjauan pembelajaran bagi para guru. Adapun Narasumber yang terlihat adalah, perwakilan Yayasan Sang Tunas sekaligus fasilitator Guru Penggerak, Guru Yo, serta utusan Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia (APSI Himpsi), Made Rai.

“Dengan menyentuh langsung program edukasi seperti ini, kita berharap program transisi PAUD-SD yang menyenangkan akan berjalan baik,” ucap Maharatni Purwanasara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News