HLUN
Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara saat membuka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di halaman Parkir Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Sabtu (18/5/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangkaian Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap 29 Mei, Pemkot Denpasar melalui Dinas Sosial Kota Denpasar kembali menggelar peringatan yang dikemas dalam berbagai kegiatan.

Peringatan tahun ini mengambil tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat” dibuka Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara di halaman Parkir Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Sabtu (18/5/2024).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Camat se-Kota Denpasar dan Kepala OPD terkait lainnya.

Ratusan Lansia dilibatkan dalam peringatan HLUN melalui berbagai perlombaan seperti, Lomba Joged dan Pengibing Lansia, Lomba Megenjekan, Lomba Busana Adat Bali, hingga kegiatan Safari Kesehatan dan penyerahan bantuan sosial.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Bangga Bali Jadi Provinsi Pertama Peluncuran Layanan Elektronik Pertanahan Secara Penuh di Semua Kabupaten/Kota

Sebelum acara dimulai, Jaya Negara turut menyapa para Lansia yang tampak ceria dan sumringah. Selanjutnya sesekali bercengkrama serta ikut senam bersama Lansia diikuti ratusan peserta yang masih enerjik meski diusia senja. Tampak pula berbaur dengan mengikuti senam bersama dan berdansa bersama, Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

“HLUN ini memang diperingati setahun sekali di Kota Denpasar, dan tentunya menjadi peringatan hari keluarga lansia serta memberikan ruang kepada para lansia untuk memotivasi semangat berprilaku hidup sehat. Melalui acara ini para lansia menampilkan kebolehannya atau keterampilan mereka di usia senja,” ujar Jaya Negara disela-sela kegiatan.

Lebih lanjut dikatakan, HLUN tidak saja menjadi peringatan rutin di Denpasar, namun diharapkan mampu memberikan kemandirian, kesejahteraan serta meningkatkan martabat para Lansia. Hal ini telah dilakukan berbagai program, yang nantinya mampu memberikan manfaat, baik dari segi kesehatan maupun program-program pelayanan Lansia lainnya guna memajukan pembangunan kota Denpasar.

“Dari peringatan HLUN Tahun 2024 di Kota Denpasar ini tentunya kami berharap kepada semua pihak agar dapat menumbuhkan kemandirian, kesejahteraan serta meningkatkan martabat Lansia, dan berharap acara ke depannya bisa lebih memotifasi Lansia untuk menjaga hidup sehat, serta mempererat silaturahmi di antara lansia,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kadis Sosial Kota Denpasar, I.G.A Laxmy Saraswati mengatakan, adapun rangkaian kegiatan ini meliputi senam massal lansia, bakti sosial dengan pemberian sembako, safari kesehatan sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan lansia, serta berbagai lomba. Seperti, Lomba Joged dan Pengibing Lansia diikuti 9 pasang Lansia, Lomba Megenjekan diikuti 7 Sekehe Lansia, Lomba berpakaian adat berpasangan kepura diikuti oleh 9 pasang Lansia.

Baca Juga :  Lepas Kontingen Denpasar di Porjar Bali, Wali Kota Jaya Negara Bakar Semangat Atlet untuk Pertahankan Gelar Juara Umum

Penampilan para Lansia yang sudah berumur di atas 60 tahun mengundang gelak tawa para penonton yang hadir. Serta dalam kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh stand kuliner Lansia yang masih produktif.

“Peringatan HLUN di Kota Denpasar yang diselenggarakan melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan Lansia” ujarnya.

Sementara Ketua Perhimpunan Werdha Sejahtera (PWS) Kota Denpasar, Gede Arsana mengatakan, sangat senang dengan diadakanya acara ini, karena acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi di antara Lansia, di mana bisa melihat sesama teman para Lansia.

“Kegiatan ini juga dirasa memberi kesempatan para Lansia untuk tampil dan membuktikan bahwa usia tidak menjadi halangan dalam berkreasi,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News