Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024
Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat melepas secara resmi Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Denpasar untuk mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 di Gedung Santi Graha Kota Denpasar, Selasa (7/5/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara melepas secara resmi Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Denpasar untuk mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 yang akan berlangsung di areal Pura Samuan Tiga Bedulu Gianyar pada 13 – 17 Mei mendatang. Pelepasan peserta yang terdiri atas 30 orang ini dilkasanakan di Gedung Santi Graha Kota Denpasar, Selasa (7/5/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pertanian Kota Denpasar, A.A Bayu Brahmasta, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa, Perwakilan OPD terkait serta undangan lainnya.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menjelaskan, Kontak Tani Nelayan Andalan atau yang disingkat KTNA, merupakan salah satu kelembagaan petani dan nelayan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan. Hal ini lantaran KTNA mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan produksi, dan pendapatan serta kesejahteraan.

Lebih lanjut dijelaskan, sektor pertanian di Kota Denpasar saat ini sudah mengarah ke urban farming (pertanian perkotaan). Urban farming merupakan praktek budidaya, pemrosesan dan distribusi bahan pangan di sekitar kota, yang dimana melibatkan peternakan, budidaya perairan dan hortikultura.

Baca Juga :  Badung Angelus Buana, Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp50 Miliar Lebih di Kota Denpasar, Wali Kota Jaya Negara Ucapkan Terima Kasih

Dikatakannya, Pemeritah Kota Denpasar turut serta mendukung kegiatan-kegiatan di sektor pertanian, salah satunya yaitu pekan daerah. Pekan Daerah KTNA merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan di sektor pertanian dan perikanan.

Melalui pekan daerah ini pihaknya berharap anggota KTNA Kota Denpasar dapat meningkatkan motivasi petani-nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis. Hal ini utamanya dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan, serta menumbuhkembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan.

Baca Juga :  NURULS, Tips Berbelok di Persimpangan untuk Wanita Agar Selalu #Cari_Aman

“Saya sangat mengapresiasi antusias dari para anggota KTNA Kota Denpasar dalam mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII. Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan forum Pekan Daerah KTNA XXVII dengan sebaik-baiknya melalui pertemuan, diskusi, pameran, studi banding, peragaan, serta tukar menukar informasi dan teknologi dengan peserta lainnya,” ujarnya.

Sementara, Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar, I Wayan Putra Sarjana didampingi Ketua KTNA Kota Denpasar, I Wayan Merta Jiwa menjelaskan, KTNA merupakan lembaga yang terdiri dari komunitas petani dan nelayan yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan di bidangnya masing-masing dan mempunyai karakter patriotis dalam pembangunan ekonomi, khususnya di bidang agribisnis.

Lebih lanjut dijelaskan, guna meningkatkan perekonomian di bidang agribisnis, KTNA memiliki misi yaitu mengembangkan profesionalisme petani-nelayan, membangun rasa tanggung jawab, kesetiakawanan, membangun watak petani-nelayan yang beretos kerja tinggi, berdisiplin, hemat, mandiri, serta berperilaku mulia dalam kehidupan.

Baca Juga :  Raffi Ahmad Siap ‘All Out’ di Pilgub Bali 2024, Dukung Keputusan Prabowo dan Jokowi!

Serangkaian pelaksanaan Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 ini telah dilaksanakan pembekalan sebanyak empat. Dimana, Pekan Daerah KTNA akan dilaksanakan mulai dari tanggal 13 – 17 Mei 2024 bertempat di Areal Pura Samuan Tiga Bedulu Gianyar. Dimana, KTNA Kota Denpasar mengirimkan peserta sebanyak 30 orang serta pendamping dari OPD terkait sebanyak 7 orang.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan bantuan sehingga rangkaian kegiatan dari awal sampai hari ini Astungkara telah terlaksana dengan baik, dan pada kesempatan ini saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan kegiatan selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News