BPS
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karangasem, I Ketut Mondai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Di saat ratusan ribu warga Karangasem tercatat tinggal di luar tanah kelahirannya, justru ribuan orang penduduk dari luar Karangasem berbondong-bondong masuk dan tinggal di Karangasem.

Ini terungkap dalam pendataan Long Form BPS Karangasem tahun 2022 sebagai kelanjutan dari Sensus Penduduk tahun 2020. Dimana hingga akhir tahun 2022, Migran Keluar Seumur Hidup sebutan untuk penduduk Karangasem yang lahir di Karangasem namun pada saat pendataan bertempat tinggal di luar Karangasem mencapai 101.746 orang.

“Dari jumlah tersebut 78,40 persen masih bertempat tinggal di Kabupaten/Kota se-Bali, sedangkan 21,60 persen bertempat tinggal di luar Bali. Migran Keluar Seumur Hidup didominasi oleh penduduk perempuan sebanyak 58,30 persen sisanya berjenis kelamin laki-laki,” kata Kepala BPS Karangasem, I Ketut Mondai, Selasa (7/5/2024).

Menurutya ada sejumlah faktor yang diduga membuat penduduk tersebut tinggal di luar Kabupaten Karangasem, seperti alasan bersekolah dan ikut orang tua. Terlepas dari itu, minimnya lapangan pekerjaan di Karangasem juga disinyalir menjadi alasan warga tinggal di luar Karangasem maupun luar Bali karena tuntutan pekerjaan.

Baca Juga :  Minim Peralatan, Pemda Karangasem Gelar Nobar Kecil-Kecilan

Hanya saja, di saat ratusan ribu warga Karangasem memilih tinggal di luar Kabupaten, BPS Karangasem justru mencatat ada sebanyak 19.008 orang Migran Masuk Seumur Hidup Karangasem atau penduduk yang lahir di luar Karangasem saat pendataan ditemukan tinggal di wilayah Kabupaten Karangasem.

Mirisnya, dari jumlah Migram Masuk Seumur Hidup ini, 29,40 persen diantaranya berasal dari luar Bali, mereka sebagian besar berasal dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Lampung, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan 70,60 persen sisanya berasal dari Kabupaten/Kota se-Bali seperti dari Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News