Samsat
Raihan BBN-KB Tertinggi, Samsat Tabanan Persembahkan Tari Rejang Tasku Bhuwana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORRALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai wujud rasa syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Ida Betara-Betari yang berstana di khayangan sejebag jagat Bali, khususnya di Kabupaten Tabanan, Samsat Tabanan mempersembahkan Tari Rejang Tasku Bhuwana yang dipimpin langsung oleh Kepala Samsat Tabanan, I Ketut Sadar, S.Sos., M.H., Rabu (8/5/2024).

Menurut I Ketut Sadar, S.Sos., M.H. bahwa persembahan Tari rejang Taksu Bhuwana ini, sebenarnya secara rutin dilakukan pada saat hari Purnama dan Tilem, Ketika akan melakukan persembahyangan bersama di Pura Taksu Samsat Tabanan.

“Namun kali ini, pada hari Tilem Sasih Jesta (bulan ke Sebelas Kalender Bali) persembahan tari ini secara khusus kami lakukan untuk mensyukuri dari apa yang telah kami peroleh sampai dengan hari per tanggal 8 Mei 2024, karena Samsat Tabanan telah berhasil meraih peringkat tertinggi di Bali, capaian realisasi BBN-KB dengan angka 59,05. Selain itu hal ini juga sebagai bentuk penghormatan terhadap kearifan lokal, untuk melestarikan seni budaya Bali,” kata I Ketut Sadar, S.Sos M.H., yang akrab disapa Jero Gede Pacung ini.

Disampaikan pula selain mempersembahkan Tari Rejang Taksu Bhuwana seluruh staf Samsat Tabanan melaksanakan persembahyangan bersama.

Baca Juga :  Srikandi PLN Beraksi Lagi Berdayakan Perempuan–perempuan Tulang Punggung Keluarga di Tabanan

“Dengan melaksanakan persembahyangan bersama dan menghaturkan sesaji berupa canang buratwangi, dan memohon keselamatan kerahayuan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa, hal ini sebagai implementasi dari ajaran Tri Hita Karana menyelaraskan hubungan manusia dengan Sang Maha Pencipta. Tentu kedepannya kami harapkan apa yang kami kerjakan mendapatkan waranugraha dari Ida Sanghyang Widhi Wasa, dilancarkan dalam berbagai urusan kedinasan, tentu yang utama diberikan kerahayuan,” ujar Ketut Sadar, S.Sos, M.H., yang senang menekuni dunia spiritual ini.

“Tidak lupa kami sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat di kabupaten Tabanan, yang telah turut serta mensukseskan berbagai program inovasi Samsat Tabanan. Sehingga Raihan BBN-KB (bea balik nama kendaraan bermotor) di Samsat Tabanan menjadi yang tertinggi. Demikian pula kepada seluruh stakeholder terkait terutama Sat Lantas Polres Tabanan yang menugaskan personilnya di Kantor Samsat Tabanan, telah   melayani masyarakat dengan cepat tanpa mengurangi standar operasional prosedur yang berlaku. Begitu pula dengan pihak Jasa Raharja dan Perwakilan Bank yang ditunjuk untuk melayani pembayaran di Samsat Tabanan,” ujar I Ketut Sadar S.Sos M.H., Alumni STISIP Margarana Tabanan ini. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News