Desa
General Manager PT PLN (Persero) UID Bali, I Wayan Udayana berpose sambil memegang trofi Gold dan Piagam Penghargaan di depan podium ajang CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT PLN (Persero) melalui Binaannya Desa Manistutu kembali menorehkan prestasi gemilangnya. Kali ini di ajang CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024, Desa yang berada di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali ini mampu memperoleh Kategori Gold.

Dengan mengusung tema Desa Manistutu Berdikari dan Berkarya, PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli berhasil mengubah wajah desa yang dulunya masih ada keterbatasan, kini dikenal luas serta mampu menggali potensi untuk meningkatkan perekonomian warganya.

Sebelumnya, Masyarakat Desa Manistutu membutuhkan peningkatan pendidikan dan masih kurangnya skill sehingga berdampak pada keterbatasan dalan berwirausaha.

Di sisi lain, Desa Manistutu memiliki potensi besar dalam mengelola pariwisata dan pertanian berbasis sumber daya alam dengan memanfaatkan hutan negara yang hak pengelolaannya telah dimiliki desa.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan dan Stakeholder Bangun Ekosistem Anti Fraud untuk Program JKN

Namun, untuk mengelola hal ini perlu dukungan sarana dan prasana yang tepat agar potensi ini dapat digali dan memperoleh kemanfaatan bagi masyarakat sekitar.

Melihat hal ini, PT PLN (Persero) melalui PLN Peduli melakukan kepedulian di sisi pendidikan melalui peningkatan skill khususnya generasi muda terhadap media digital. Lalu di sisi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyediakan mesin pendukung untuk pengolahan produk usaha.

Selain itu, kepedulian di sisi lingkungan dan pariwisata juga dilakukan antara lain dengan pembangunan bank sampah terpadu serta pembangunan fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan para pengunjung objek wisata di Desa Manistutu.

Melalui kerja sama apik dalam memberdayakan desa inilah PLN bersama Desa Manistutu sukses memperoleh raihan terbaik di ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (7/5/2024) tersebut.

Baca Juga :  Pertamina Patra Niaga Jamin Kesiapan BBM & LPG Pada WWF Ke-10

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin kepada General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, I Wayan Udayana.

“Saya mengapresiasi BUMN dan perusahaan swasta, BUMDes dan actor penggerak lokal lainnya yang terus berkomitmen dalam program CSRnya serta turut membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan,” ucap Wapres RI, K.KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Ia menyampaikan bahwa dirinya berharap target penerima CSR harus benar–benar diperhatikan agar tepat dan bermanfaat bagi masyarakat pedesaan serta dapat mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan.

Baca Juga :  Rock Bar di Bali Menghadirkan Identitas Visual Baru yang Memukau

Dalam ajang yang diikuti hingga 100 perusahaan yang terdiri dari perusahaan BUMN dan swasta dari berbagai sektor ini proses penjuriannya dilakukan mulai dari verifikasi berkas administrasi hingga kunjungan lapangan oleh juri.

I Wayan Udayana selaku GM PLN UID Bali mengatakan apresiasi yang diberikan ini merupakan buah dari komitmen PLN dalam memberdayakan masyarakat. Selain itu, menurutnya penghargaan ini juga menjadi tanggung jawab bagi PLN untuk tak berpuas diri dan berupaya meningkatkan kinerja khususnya di sisi inovasi dalam program TJSL di masa yang akan datang.

“Penghargaan ini adalah amanah bagi kami untuk terus mengembangkan potensi yang ada di masyarakat sekaligus memberikan dorongan untuk mengoptimalkan pelayanan PLN ke depannya,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News