Hari Kebangkitan Nasional
Pemkab Tabanan Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bertempat di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Senin (20/5/2024), Pemerintah Kabupaten Tabanan menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 dirangkaikan dengan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Upacara tersebut dipimpin Bupati Tabanan diwakili Sekda I Gede Susila selaku Inspektur Upacara.

Upacara rutin yang digelar setiap tanggal 20 Mei tersebut, turut dihadiri Jajaran Forkopimda Tabanan atau yang mewakili, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Instansi Vertikal di Tabanan, unsur TNI, POLRI, Pegawai dan Pelajar di lingkungan Pemkab Tabanan serta undangan terkait lainnya. Kegiatan pagi itu juga turut dimeriahkan oleh grup drumband Pemkab Tabanan.

Baca Juga :  Kalapas Tabanan: Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan

Dalam arahannya saat itu, membacakan sambutan Menkominfo RI, Sekda I Gede Susila mengatakan saat ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang, yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat.

“Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade kedepan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” pungkasnya.

Refleksi atas pilihan tersebut dikatakan bisa kita rujuk dengan ‘Berkunjung Kembali’ kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Lebih dari seabad yang lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908 lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan sampai saat ini.

Selain itu, sebelum Boedi Oetomo adalah R.A Kartini yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Kemudian, apa yang menjadi gagasan dari para embrio bangsa dirumuskan oleh Bung Karno sebagai Jembatan Emas.

Baca Juga :  Libatkan serta Berdayakan Seniman dan Kuliner Lokal, Bupati Sanjaya Buka Marga Festival 2024 

“Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai Jembatan Emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir batin diatas tanah sendiri,” imbuh Susila.

Dalam kesempatan itu, Sekda I Gede Susila mewakili Bupati Tabanam menyerahkan apresiasi penghargaan kepada beberapa pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan, yakni penghargaan ASN of The Month kepada pegawai teladan ataupun berprestasi dan menyerahkan penghargaan Purna Tugas kepada para pegawai yang telah pensiun dan memberikan jasa dan pengabdian yang tulus untuk Pemerintah Kabupaten Tabanan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News