PPDB Kota Denpasar
Sosialisasikan juknis PPDB kepada perbekel dan lurah se-Kota Denpasar, Kamis (30/5/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar memastikan bahwa seluruh calon siswa baru dengan Kartu Keluarga (KK) Kota Denpasar akan tertampung 100 persen di SD negeri pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025. Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, menegaskan hal ini saat menyosialisasikan juknis PPDB kepada perbekel dan lurah se-Kota Denpasar, Kamis (30/5/2024).

“PPDB jenjang SD negeri memprioritaskan calon siswa yang ber-KK Kota Denpasar. Namun, Pemkot Denpasar tidak bersikap diskriminatif terhadap calon siswa luar KK Kota Denpasar,” ujar Wiratama.

Wiratama menjelaskan, sepanjang masih ada daya tampung, siswa luar KK Kota Denpasar akan diberi kesempatan. Pendaftaran untuk calon siswa luar KK Denpasar dilakukan secara daring melalui alamat web: https://s.id/ppdbsd-kkluardps.

“Untuk SD negeri, diutamakan siswa ber-KK Denpasar dan yang terdekat dari rumah sesuai prinsip zonasi. Jika masih ada tempat duduk kosong, siswa luar KK Denpasar bisa masuk melalui jalur wajar,” tambahnya.

Baca Juga :  Ketua AMSI Bali Soroti Pergeseran Perilaku Audien, Ajak Anggota Mulai Berbenah

Pada tahun ajaran 2024/2025, sebanyak 9.792 siswa akan diterima di 166 SD negeri di Kota Denpasar untuk 306 rombel. Sementara data lulusan TK tahun ini sebanyak 13.621 orang, terdiri dari 8.039 siswa ber-KK Kota Denpasar dan 5.582 siswa luar KK Denpasar.

“Ada selisih 1.753 kursi yang dapat diisi oleh calon siswa luar KK Kota Denpasar, dan jumlah ini dipastikan bertambah karena tidak semua calon siswa baru ber-KK Kota Denpasar memilih sekolah negeri,” sebut Wiratama.

PPDB Kota Denpasar
Penandatanganan Komitmen Bersama. Sumber Foto : Istimewa

Sosialisasi tersebut juga mencakup penandatanganan Komitmen Bersama oleh Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, perwakilan Ombudsman Provinsi Bali, serta undangan lainnya. Penandatanganan ini bertujuan memastikan PPDB di Kota Denpasar berjalan lancar, objektif, transparan, dan akuntabel, sehingga setiap peserta didik mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.

Wiratama berharap dengan adanya Komitmen Bersama, PPDB tahun 2024 di Kota Denpasar akan lebih baik.

“Kami ingin setiap anak mendapatkan haknya. Kami ingin pendidikan kita jujur dari awal, agar keberlanjutannya menghasilkan generasi yang jujur dan baik,” tuturnya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk mendukung langkah kebaikan ini. “Mari kita bangun sama-sama pendidikan di Kota Denpasar menjadi yang terbaik,” ajaknya.

Perwakilan Ombudsman Provinsi Bali, Dewa Ayu Tisnamayuni, mengapresiasi pelaksanaan PPDB Kota Denpasar tahun lalu yang berjalan baik dan transparan. Ia juga mengingatkan agar siswa dari keluarga kurang mampu terfasilitasi mendapatkan sekolah negeri.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Wali Kota Cup E-Sport, Pertandingkan 4 Divisi Games yang Diikuti 1.800 Peserta

PPDB di SD negeri dimulai dengan proses pendataan pada 3-8 Juni 2024. Pendaftaran dilakukan pada 19-21 Juni 2024, baik secara daring maupun luring. Pengumuman siswa yang diterima akan dilakukan pada 8 Juli 2024, dan calon siswa yang diterima wajib daftar ulang pada 9-10 Juli 2024.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News