Kebakaran
Kebakaran di Desa Pempatan Hanguskan Belasan Ribu Ayam Broiler, Kerugian Capai Miliaran Rupiah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kebakaran hebat melanda sebuah kandang ayam broiler di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, pada Minggu (26/5/2024) malam. Insiden ini menyebabkan belasan ribu ayam broiler hangus terpanggang dan menimbulkan kerugian hingga miliaran rupiah bagi pemilik kandang, I Wayam Selamet (50).

Perbekel Desa Pempatan, Pande Ketut Arimbawa, menjelaskan kepada wartawan pada Senin (27/5/2024) bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 22.45 WITA. Saat kejadian, pemilik kandang sedang tidur namun terbangun karena mendengar suara api yang berkobar. Ketika memeriksa, ia mendapati api sudah membesar di dalam kandang. Selamet sempat mencoba memadamkan api yang hampir menyebar ke bangunan dapurnya.

Baca Juga :  Hektaran Lahan Kebun Mete dan Mangga di Desa Tianyar Tengah Terbakar

“Karena situasi tak terkendali pemilik kandang kemudian menghubungi saya minta bantuan menghubungi pemadam kebakaran. Hanya saja, besarnya api dalam 20 menit kandangnya sudah ludes terbakar,” ujar Arimbawa.

Kandang tersebut berukuran sekitar 75 meter x 8 meter dan berisi sekitar 18 ribu ekor ayam broiler yang baru berusia sekitar 8 hari. Malangnya, hanya sekitar 200 ekor ayam yang berhasil diselamatkan oleh pemiliknya.

Belasan personel dari Damkar Pos Karangasem dan unit Selat segera dikerahkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan 4 unit armada pemadam kebakaran untuk mengatasi api. Penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui, namun dugaan awal mengarah pada korsleting listrik. Akibat kebakaran ini, I Wayam Selamet mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai Rp1,5 miliar.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News