Airbnb Entrepreneurship Academy Lombok
Airbnb-Kemenparekraf Luncuran Airbnb Entrepreneurship Academy di Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Airbnb meluncurkan Airbnb Entrepreneurship Academy pada tahun 2017 dengan tujuan membantu masyarakat di seluruh dunia mendapatkan manfaat dari sektor pariwisata.

Tahun ini, Airbnb memperluas jangkauan pelatihannya melalui kemitraan dengan lebih dari 30 organisasi, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf). Dimulai pada tahun 2023, program Entrepreneurship Academy di Indonesia merupakan landasan kerja sama Airbnb dengan Kemenparekraf yang bertujuan mendorong sektor pariwisata Indonesia melalui program pembelajaran berbasis pengalaman serta menjadi wadah interaksi bagi pemilik penginapan di desa-desa wisata yang telah terdaftar di Kemenparekraf.

Program Desa Wisata Kemenparekraf yang bertujuan mempercepat pariwisata berkelanjutan dan pemulihan ekonomi, telah mencatat 4.000 desa wisata dan menargetkan tambahan 2.000 desa wisata sepanjang tahun 2024. Melalui pelatihan, Airbnb dan Kemenparekraf akan membekali pemilik penginapan di desa-desa tersebut dengan pengetahuan dasar yang diperlukan untuk keberhasilan usaha penginapan mereka, sekaligus mempromosikan pariwisata di desa-desa tersebut. Melalui kerja sama ini, pelatihan akan menyasar para pemilik penginapan di Bali, Lombok, dan Magelang.

“Sektor pariwisata memiliki peran penting dalam kehidupan jutaan orang karena mata pencaharian mereka terkait erat dengan industri ini. Kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Airbnb telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan, efisiensi, dan pengelolaan sektor pariwisata Indonesia secara profesional. Seiring dengan langkah kami ke depan, Kemenparekraf memegang teguh komitmen kami untuk mendukung inisiatif yang dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia dalam industri pariwisata, dengan fokus mendorong pertumbuhan dengan dukungan dari Airbnb Entrepreneurship Academy,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno.

Baca Juga :  Crosser Astra Honda Siap Unjuk Prestasi di MXGP Latvia

Melalui program ini, Airbnb dan Kemenparekraf telah memberikan pelatihan kepada 197 pemilik penginapan  dari 36 desa wisata melalui lokakarya dan webinar interaktif yang diadakan selama tahun 2023-2024. Lokakarya tersebut diadakan di Bali (Agustus 2023), Magelang (Januari 2024), dan Lombok (Februari 2024).

“Bergabung dengan Airbnb Entrepreneurship Academy telah menjadi perjalanan yang transformatif bagi saya, baik secara pribadi maupun profesional. Program ini tidak hanya membekali saya dengan keterampilan untuk unggul di industri perhotelan tetapi juga menciptakan peluang kerja di komunitas lokal kami.  Hal yang benar-benar membedakan pelatihan ini adalah komitmennya untuk membina hubungan yang tulus dan pertumbuhan komunitas. Airbnb bukan hanya sekadar perusahaan travel biasa, melainkan sebuah wadah yang mengedepankan pengalaman orang-orang yang otentik dan saya bangga menjadi bagian dari perjalanan ini,” ujar Wira, peserta akademi dari Bali.

Baca Juga :  Kawal Kesuksesan WWF ke–10 di Bali, Ini Peran Aktif DCC PLN Dalam Memastikan Operasi Sistem Kelistrikan Bali Tetap Andal

Kurikulum pelatihan fokus pada kewirausahaan, pembelajaran berbasis pengalaman, dan pemberdayaan komunitas. Peserta tidak harus menjadi tuan rumah Airbnb sebelumnya. Pelatihan ini membuka kesempatan kepada mereka yang memiliki semangat untuk meningkatkan keterampilan sebagai tuan rumah dan membangun interaksi dengan wisatawan. Peserta dapat mengikuti lokakarya satu hari dan webinar untuk mempertajam keterampilan menjadi tuan rumah, dan menjamin pengalaman yang tak terlupakan untuk tamu mereka.

“Melihat tren yang berkembang di mana wisatawan memiliki kemampuan untuk bepergian ke lebih banyak tempat, Airbnb memiliki peran penting dalam menghubungkan para tamu ke lebih dari 100.000 kota di lebih dari 200 negara dan wilayah. Dengan meningkatnya kembali perjalanan ini, semakin banyak orang memiliki kesempatan untuk merasakan manfaat ekonomi dari menyewakan rumah. Airbnb Entrepreneurship Academy merupakan inisiatif penting untuk memberdayakan komunitas dengan memperkenalkan mereka untuk menjadi tuan rumah di platform kami. Melalui kerja sama dengan Kemenparekraf, kami berkomitmen untuk memperluas kesempatan ini ke lebih banyak komunitas di Indonesia dan memungkinkan penduduk setempat untuk mendapatkan keuntungan langsung dari pariwisata di tempat yang mereka sebut rumah,” ujar Amanpreet Bajaj selaku General Manager Airbnb di Asia Tenggara, India, Hong Kong, dan Taiwan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News