Pramuka
Tarik Minat Siswa, Sekda Buleleng Dorong Anggota Pramuka Lebih Kreatif dan Inovatif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Guna menarik minat siswa untuk bergabung ke dalam Gerakan Pramuka, Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Buleleng, Gede Suyasa mengajak seluruh anggota untuk lebih kreatif dan inovatif.

Hal itu disampaikannya saat ditemui usai membuka Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) Pramuka Penegak dan Pandega Tahun 2024 di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Sabtu (27/4/2024).

Suyasa menjelaskan, Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng mengikuti keputusan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tentang pentingnya Pramuka di sekolah. Terus berupaya agar Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Namun, Pramuka juga harus melakukan langkah-langkah kreatif, inovatif, dan menarik untuk membuat peserta didik atau siswa bersedia menjadi anggota Pramuka. Undang-Undang Kepramukaan juga mengatur kewajiban setiap sekolah ada gugus depan (gudep). Sehingga, keberadaan Pramuka bisa tetap terjaga di sekolah.

“Semua koordinasi konsultasi sudah dilakukan oleh Kwarnas pada Mendikbud. Dan tentu kita sebagai organisasi yang berbasis pada pendidikan karakter ya mengikuti regulasi apa yang diajukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Baca Juga :  14 Dari 71 Warga Binaan Lapas Singaraja Tak Diusulkan Dapat Remisi Khusus

Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng ini mengatakan dengan adanya gudep di setiap sekolah, ini juga berarti setiap sekolah harus ada Pramuka. Walaupun sudah tidak menjadi ekstrakurikuler yang wajib, aktivitas kesehariannya tetap ada. Aktivitas gudep itu harus tetap ada. Jika aktivitas kepramukaan ada, para peserta didik atau siswa pasti ada yang mengikuti.

“Jadi tidak ada yang perlu diperdebatkan lebih jauh. Tinggal mengemas kegiatan atau aktivitas tersebut agar lebih menarik para siswa untuk mengikuti Pramuka,” ujar Suyasa.

Baca Juga :  Disbud Buleleng Usulkan Tiga Tradisi untuk Meraih Predikat WBTB Tahun 2024

Keberadaan Peraturan Menteri yang tidak mewajibkan lagi ekstrakurikuler Pramuka sebenarnya tidak perlu diperdebatkan terlalu jauh. Suyasa pun meyakinkan, bahwa kegiatan-kegiatan kepramukaan tersebut masih tetap berlangsung. Hanya saja saat ini anggota-anggota Pramuka yang harus lebih kreatif, inovatif, dan memiliki kemampuan untuk mengemas kegiatan kepramukaan menjadi lebih menarik. Ini sebenarnya juga tantangan bagi anggota Pramuka untuk meningkatkan kualitas. Mengemas aktivitas-aktivitas agar mempunyai daya tarik bagi peserta didik atau siswa. Program-program kegiatan yang dirancang untuk Pramuka juga harus membaca prospek masa depan.

“Prospek dari sisi proses-proses program kegiatan dan pendidikan karakter yang dibangun. Itulah tantangan kita sebenarnya sebagai anggota Pramuka. Supaya Pramuka tetap dicintai oleh para siswa yang ada dan masyarakat luas,” imbuh pejabat asal Desa Tejakula ini.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News