Pekan Budaya
Sekda Alit Wiradana Hadiri Lomba Gelora Pekan Budaya Pelajar SD, Upaya Menjaring Bibit Penerus Pelestari Budaya Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menghadiri kegiatan Lomba Gelora Pekan Budaya Pelajar tingkat Sekolah Dasar se-Kota Denpasar, di SMP Dharma Wiweka, Pedungan, Sabtu (27/4/2024). Perlombaan ini sendiri digelar dalam upaya menjaring bibit-bibit penerus seni budaya Bali.

Dilaksanakan untuk kali kedua, lomba gelora pekan budaya pelajar ini, digelar selama 2 hari, yakni 27-28 April 2024, dan diikuti setidaknya 199 orang siswa siswi Sekolah Dasar yang ada di Kota Denpasar.

Adapun lomba yang digelar meliputi lomba tari pendet, mekendang tunggal, lomba membaca puisi, lomba vokal grup, mesatua bali, dan lomba menggambar.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Alit Wiradana menuturkan kegiatan lomba gelora pekan budaya pelajar ini sangat membantu untuk menghargai keanekaragaman budaya yang menjadi kekayaan kita bersama.

Baca Juga :  De Gadjah Apresiasi Dukungan Masyarakat, Usulkan Rai Mantra ke Pusat

“Diharapkan semua satuan pendidikan sekolah dasar dan menengah pertama baik negeri maupun swasta dapat melakukan hal yang sama. Dan harapannya kegiatan ini tidak berhenti dan terus berlanjut untuk menjaga keutuhan budaya warisan nenek moyang kita,” tuturnya.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Sekolah SMP Dharma Wiweka, Drs. I Nyoman Mariana, M.Si mengungkapkan, bahwa pada era ini, anak-anak harus memiliki mental yang kuat menghadapi globalisasi dengan tetap melestarikan seni budaya Bali.

“Kami siap mencetak lulusan yang betul-betul memiliki mental moral yang kuat menghadapi globalisasi serta mampu melestarikan seni budaya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News