Cek Mudik Gratis
Mudik Lebaran Gratis 2024, Dishub Buleleng Fasilitasi Ram Check Gratis dan Penanganan Lalu Lintas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Setiap tahun, tepatnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, jutaan orang di Indonesia memulai perjalanan yang khas dan sangat dinanti-nantikan, yaitu mudik. Menjelang mudik, tentunya kelayakan dari moda transportasi yang membawa pemudik harus di cek.

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perhubungan Buleleng melaksanakan Ram Check kepada moda transportasi yang menyediakan pelayanan pada saat mudik dengan jadwal yang sudah ditentukan seperti salah satunya pelaksanaan pelepasan mudik gratis yang diselenggarakan Polres Buleleng, bertempat di Depan Kantor Polres Buleleng, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga :  Kemendagri Gelar Rakor Daring, Perkuat Komitmen Pengendalian Inflasi Daerah di Tahun 2024

Ditemui usai kegiatan, Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra, menerangkan kegiatan Ram Check untuk memastikan kelayakan kendaraan angkutan umum yang akan digunakan untuk mudik Lebaran 2024, dengan memeriksa kelengkapan kendaraan angkutan umum, mulai dari kelengkapan lampu, surat-surat, ban dalam dan ban luar detail serta ban serep.

Ram check untuk angkutan umum ini wajib dilaksanakan, terlebih ram check itu gratis, dan nantinya karena di setiap terminal di Kabupaten lain itu pasti dicek uji layaknya. Kendaraan-kendaraan umum yang berplat kuning ini sebenarnya setiap enam bulan selalu diuji kelaikanannya. Jadi angkutan umum ini sudah secara berkala melakukan rutinitas uji kir dalam kurun waktu 6 bulan.

Baca Juga :  Video Adegan Dewasa Dua Sejoli Diduga Pelajar Asal Buleleng Beredar di Medsos

“Kita sudah sediakan berupa sticker apakah angkutan itu sudah di cek dan berisi barcode, dan nantinya dicek pada petugas Dishub di setiap kabupaten yang dilewati,” jelasnya.

Selain pengecekan sarana prasarana, Dishub Buleleng juga melayani masyarakat dalam hal lalu lintas utamanya pada saat rangkaian pelaksanaan Mudik Lebaran sehingga mencegah terjadinya kepadatan arus lalu lintas pada simpang-simpang yang berpotensi seperti pada daerah Seririt, Gerokgak, dan Sendang Pasir.

“Kita sudah menyiapkan dari sarpras seperti traffic light, rambu-rambu lalu lintas, dan sudah di akomodir, dan menurunkan personel yang bersinergi dengan Polres Buleleng,” tutupnya. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News