Mudik Asik
GM PT PLN (Persero) UID Bali, I Wayan Udayana diapit 2 pemilik kendaraan listrik berfoto bersama dengan petugas piket siaga Idul Fitri di SPKLU PLN UP3 Bali Selatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Aktivitas mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H sudah mulai ramai. Bagi masyarakat yang ingin mendapat kenyamanan dalam berkendara dengan menggunakan kendaraan listrik, tidak perlu kawatir, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah tersebar di berbagai lokasi di Bali.

PLN juga memberi kemudahan mengecek lokasi SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile. Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya, bisa membuka aplikasi PLN Mobile selanjutnya pilih fitur electric vehicle lalu pilih SPKLU. Setelah itu akan muncul sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik. Selain itu pengendara juga bisa menghubungi hotline 087771112123 sehingga diharapkan perjalanan mudik dapat berlangsung dengan nyaman.

Baca Juga :  Nelu by Stuja Hadir di Bali, Buka Gerai Pertama untuk Manjakan Pencinta Pastry

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali, I Wayan Udayana ditemui saat kunjungan ke SPKLU di seputaran Denpasar mengatakan, kesiapan PLN hingga sektor ritel yaitu SPKLU sudah dimaksimalkan.

“Saat ini terdapat 76 SPKLU yang tersebar di 30 lokasi di Bali siap mendukung masyarakat mudik ataupun menghabiskan waktu liburan di Bali dengan kendaraan listrik,” katanya.

Dikatakan pula, pertumbuhan pengguna kendaraan listrik di Bali cukup masif. Dengan itu keberadaan SPKLU pun secara bertahap terus ditingkatkan guna mendukung kenyamanan para pengguna kendaraan listrik.

Udayana menambahkan, pengguna kendaraan listrik kini tak perlu ragu jika harus berkendara jauh. SPKLU yang disediakan selain jumlahnya sudah bertambah juga makin bervariasi jenisnya.

Baca Juga :  Puluhan Pengguna Honda Stylo160 City Touring Fun ke Ubud

Termasuk dalam mendukung aktivitas mudik pada Lebaran kali ini, dari 76 unit SPKLU yang ada memiliki beragam variasi. Mulai dari SPKLU Ultra Fast Charging tersedia 18 unit dengan kapasitas 60 dan 200 kilo watt (KW). Selanjutnya Fast Charging tersedia 19 unit dengan kapasitas 25 dan 30 KW hingga 50 KW_Medium Charging_ dengan kapasitas 22 KW dan Standard Charging dengan kapasitas 7,4 KW masing – masing berjumlah 9 unit dan 30 unit. “Kami juga siapkan 96 personil untuk menjaga keandalan SPKLU,” terang Udayana.

Disisi lain, momen Libur Idul Fitri di Bali tidak saja banyak masyarakat yang keluar namun juga banyak yang masuk ke Bali. Hal ini diharapkan dapat mendorong pengguna kendaraan listrik saat berwisata di Bali. Dengan demikian akan mendukung penurunan jumlah emisi karbon khususnya di Pulau Dewata.

Baca Juga :  Pastikan Kesiapan Berlaga di PKB XLVI, Wali Kota Jaya Negara Tinjau Persiapan Sekehe Gong Sekar Kumara Banjar Abiannangka Kaja

Komang Surya salah seorang pemilik kendaraan listrik dari denpasar saat melakukan charging kendaraan listrik di SPKLU Denpasar mengatakan, charging kendaraan listrik sangat praktis dan gampang.

“Tinggal masuk ke aplikasi PLN Mobile terus kita cari lokasi terdekat, tinggal lakukan pembayaran. Bayar juga gampang bisa pake credit card atau ovo sudah bisa. Semuanya mudah,” katanya.

Untuk waktu pengisian cepat. Titik lokasi SPKLU juga sudah nambah. “Namun kedepan agar semakin ditambah lagi, agar banyak pilihan lokasi charging,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News