GenRe
Bupati Sedana Arta Buka Acara Duta GenRe Bangli 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, SN Sedana Arta hadir sekaligus membuka acara Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Bangli pada Minggu (7/4/2024) bertempat di Ruang Rapat Bukti Mukti Bhakti Kantor Bupati Bangli.

Dalam sambutannya, Sedana Arta mengatakan, perkembangan teknologi membuat para GenRe di Dunia pola pikirnya semakin maju dan modern sehingga dunia bisa dikendalikan hanya lewat jempol saja. Namun di satu sisi juga terdapat hal yang negatif, yang bila mana anak muda kita harus benar-benar bisa memahami teknologi mana yang bisa bermanfaat bagi kehidupan kita. Jika kita lihat, generasi muda saat ini 90% kesehariannya hanya memegang gadget.

“Maka dari itu saya tekankan agar para orang tua agar lebih mengawasi anak-anaknya, jangan sampai perkembangan teknologi yang seharusnya membuat dampak positif malah bisa terbawa ke arah negatif. Perkembangan teknologi ini juga merupakan bentuk penjajahan baru ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi yang memang sengaja dirancang oleh mereka yang terlebih dahulu menguasai perkembangan artificial intelligence itu sendiri. Maka dari itu pemahaman terhadap seluruh norma etika dan kesopanan harus diajarkan dengan baik oleh orang tuanya sendiri agar bisa lebih siap untuk menerima kompetisi dan tantangan yang lebih ketat dalam kehidupan mereka ke depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Ni Made Ari Listiani dalam kesempatannya mengatakan BKKBN adalah sebagai salah satu instansi yang berperan aktif membantu maupun membina dan menyiapkan masa depan remaja agar dapat merencanakan kehidupan berkeluarga serta menjawab tantangan yang terjadi kepada remaja. Program GenRe merupakan salah satu program dari BKKBN dalam rangka menyiapkan kehidupan dalam berkeluarga pada remaja sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalam pekerjaan serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai sirkulasi kesehatan reproduksi.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Gelar Gerakan Pangan Murah

“Sebagai orang tua tentunya kita tidak ingin para remajanya melakukan seks bebas, pernikahan di usia dini ataupun bermasalah dengan narkoba dan yang lainnya. Untuk mewujudkan remaja yang bisa menjadi panutan dan tauladan bagi teman sebayanya, perlu membentuk dan memilih duta GenRe diantara para remaja agar bisa mencerminkan dan merefleksikan remaja yang sehat, cerdas dan ceria. Ujarnya dalam kesempatan tersebut,” jelas Ari Listiani.

Sementara itu, Ketua Forum GenRe Kabupaten Bangli, Ni Putu Reyna Pricilia P dalam kesempatannya mengatakan PILDUGEN, yang merupakan singkatan dari Pemilihan Duta GenRe adalah sebuah program di Indonesia yang bertujuan untuk memilih remaja putra dan putri yang akan menjadi figur teladan dan motivator bagi generasi muda. Mereka memiliki peran penting dalam memberikan wawasan tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan lingkungan yang bebas dari narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS. yang dimana pada kesempatan yang baik ini PILDUGEN Bangli mengusung tema ‘Krya Ananda Shanti’ yang secara singkatnya memiliki makna tindakan yang dilakukan selalu memberikan kebahagiaan dan kedamaian dalam upaya saling merangkul dan memupuk rasa kemanusiaan.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Serahkan Rapor OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli

“Duta GenRe memiliki beberapa peran kunci, seperti Penggerak Kesadaran Kesehatan Reproduksi, Pemberi Inspirasi, Pembina Karakter dan Etika, Pendukung Pendidikan, Promotor Kesehatan Mental, Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas kehidupan remaja dan mendukung visi Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh hadirin untuk berkenan mengikuti pildugen ini dengan penuh semangat, antusiasme, dan tanggung jawab. Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik- baiknya untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai generasi penerus bangsa,” serunya.

Pelaksanaan Grand Final Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten, yang diikuti oleh Perwakilan PIK-R Desa dan Perwakilan Sekolah tingkat SMA/SMK seKabupaten Bangli, Dewan juri telah melaksanakan penilaian dengan cermat meliputi: Sikap dan kepercayaan diri, kesesuaian jawaban dengan pertanyaan, orisinalitas dan ke inovatifan jawaban.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

Sehingga terpilihlah Kategori Putra untuk posisi pertama diraih I Putu Sudiarsa dari SMAN 1 Bangli dengan nilai 420,3. Posisi kedua I Putu Adiarta dari SMAN 1 Kintamani dengan nilai 414,1 dan posisi ketiga diraih oleh I Gede Rahardi dari SMAN 1 Susut dengan nilai 410,8 kemudian untuk Kategori Putri peringkat pertama yaitu Putu Isyana Gayatri  dengan nilai 427,3 dari SMAN 1 Bangli, kemudian posisi kedua Ni Luh Suci Parwati dari SMKN 1 Susut dengan nilai 402,1 dan posisi ketiga Ni Kadek Ary Ragita dari SMAN 1 Kintamani dengan nilai 394,4

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bangli, Ketua TP Pkk Bangli, Kepala Dinas PMDPPKB Kabupaten Bangli, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangli, Kementrian Agama Kabupaten Bangli, Satgas Stunting Provinsi Bali di Bangli, Kepala Sekolah SMA/SMK Provinsi Bali di Kabupaten Bangli, Ketua LPKB Bangli, Perwakilan Forum Genre se-Bali, Para Dewan Juri Pemilihan Duta GenRe 2024, Para Finalis Duta GenRe Kabupaten Bangli, serta seluruh tamu undangan lainnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News