Cok Sawitri
Jenazah Cok Sawitri Dikremasi di Krematorium Bebalang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Upacara kremasi Jenazah almarhum budayawan sekaligus sastrawan Bali, Cok Sawitri berlangsung pada Jumat (5/4/2024) di krematorium Banjar Bebalang, Bangli.

Sebelum jenazah diberangkatkan ke krematorium bebalang, terlebih dahulu dilaksanakan prosesi mesiram (memandikan jenazah) kemudian dilanjutkan dengan upacara narpana yang puput oleh Ida Sulinggih.

Prosesi ini disaksikan oleh kerabat dan keluarga Puri Sidemen, disamping itu ratusan masyarakat juga turut hadir memberikan doa kepada almarhum agar diberikan tempat yang terbaik disisinya.

“Untuk kremasinya kita gelar di Krematorium Bebalang, Kecamatan Bangli. Kremasi ini tidak digelar di Sidemen karena di hari yang sama ada upacara ngaben,” ungkap Tjokorda Suteja Pemayun dari pihak keluarga Puri Sidemen yang juga merupakan sepupu almarhum kepada wartawan.

Baca Juga :  Dinas Pertanian Karangasem Lacak Sumber Ternak Babi Dugaan Kasus Meningitis di Bebandem

Setelah prosesi narpana selesai, seluruh keluarga besar Puri Sidemen kemudian ikut mengantarkan jenazah Cok Sawitri ke Krematorium Bebalang untuk menyaksikan sekaligus mendoakan agar Cok Sawitri mendapatkan tempat yang terbaik.

Dikatakan Tjokorda Suteja, prosesi kremasi dan mependem di geni dilakukan setelah mendapat kesepakatan dari seluruh keluarga besar Puri Sidemen.

Sambil menunggu kakak kandung almarhum Cok Sawitri yang tinggal di Jerman pulang ke Bali. Rencananya untuk upacara pelebon akan dilakukan secara bersamaan antara almarhum Cok Sawitri dengan almarhum ibundanya yang meninggal sekitar satu bulan lalu dan dikremasi di Krematorium Bebalang juga.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News