pasar Murah Buleleng
Jelang Lebaran, Pemkab Buleleng Akan Gelar Gerakan Pangan Murah Sampai 9 April. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Permintaan barang yang meningkat jelang Hari Raya Idul Fitri, pemerintah berupaya dalam mengendalikan gejolak inflasi pangan dengan berbagai langkah. Salah satunya adalah Gerakan Pangan Murah (GPM) di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota melalui fasilitasi distribusi wilayah produsen yang mengalami surplus kewilayah konsumen yang mengalami defisit, serta menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat berpenghasilan rendah serta melakukan pengawasan ketat terhadap harga pasar.

Hal itu dibahas secara daring dan luring dalam kegiatan Apel Siaga GPM menyambut Idul Fitri yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arif Prasetyo Adi yang turut dihadiri oleh Penjabat Bupati Buleleng, Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna,  Forkopimda Buleleng, Sekda Buleleng dan Pimpinan SKPD dan BUMD lingkup Pemkab Buleleng secara virtual di kawasan Pasar Anyar Buleleng, Senin (1/4/2024).

Baca Juga :  Polisi Periksa Pemeran Video Diduga Pelajar Asal Buleleng

Kepala Bapanas, Aruf Prasetyo Adi dalam sambutannya mengatakan sinergi Bapanas dengan stakeholder pangan terkait untuk melakukan GPM sampai dengan 9 April 2024. Diharapkan olehnya, seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan kebutuhan bahan pokok dalam mempersiapkan lebaran dengan baik.

Arif Prasetyo juga menekankan untuk beras SPHP dijual seharga Rp10.900 per kilogram (Kg), sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Seperti diketahui, seijin Bapak Presiden relaksasi HET beras premium yang diberlakukan sementara ini menyasar beberapa wilayah. HET disesuaikan menjadi adanya selisih lebih Rp1.000 per Kg dibandingkan HET sebelumnya.

“Untuk itu, kepada pihak terkait mohon untuk ditertibkan kalau ada yang menjual diatas harga  Rp. 10.900 per Kg. Hal ini tentunya dapat meringankan beban masyarakat dalam memperisiapkan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri,” pungkasnya.

Menyanggupi istruksi Kepala Bapanas, mewakili Pj. Bupati Buleleng, Kepala DKPP Buleleng yang juga selaku Sekretaris II Satgas Pangan Buleleng I Gede Putra Aryana mengatakan sesuai intruksi Bapanas, Pemkab Buleleng menggelar Apel Siaga GPM yang dilokuskan di area Pasar Anyar Buleleng dengan melibatkan 16 pedagang diluar dari Bulog dan Perumda Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng. Dimana Pemkab Buleleng akan mengagendakan GPM sampai 9 April nanti sesuai intruksi Bapanas.

Baca Juga :  Sinergi Pemkab Buleleng Bersama FAD Buleleng Dalam Memastikan Pemenuhan Hak Anak

“Kami akan gelar GPM sampai 9 April ke depan sesuai intruksi Bapanas. Lokusnya kami akan bagi diantaranya di Kampung Bugis, Kampung Anyar dan Kampung Baru. Selain itu juga akan memanfaatkan Gerai Pasar Rakyat yang akan buka setiap harinya disini,” tegas Aryana.

Kadis Aryana menyebutkan bahwa GPM kali ini menyajikan berbagai kebutuhan bahan pokok seperti beras, cabai, telur ayam, bawang putih, bawang merah, gula pasir, minyak goreng, buah-buahan hingga produk UMKM lokal dengan harga yang relatif lebih murah.

Baca Juga :  Pj Bupati Lihadnyana Nyatakan THR ASN Buleleng 100 Persen

GPM hari ini disambut suka cita oleh salah satu warga dari Desa Baktiseraga, Gusti Ayu Jelantik. Dirinya mengaku senang bisa berbelanja di sini karena harganya relatif lebih murah dari pasaran.(adv/bpn)

“Harga kebutuhan pokok jauh lebih murah disini jika dibandingkan harga dipasaran yang saat ini telah mengalami peningkatan menjelang Lebaran. Semoga kegiatan ini secara berkelanjutan diadakan sehingga manfaatnya bisa dirasakan orang banyak,” harapnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News