HIbah ke Karangasem
Gumi Lahar ’Mesuryak’ Sambut Kedatangan Giri Prasta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kedatangan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta ke Kabupaten Karangasem disambut meriah ribuan warga yang telah menunggunya di Gor Gunung Agung, Amlapura pada Rabu (17/4/2024) siang.

Bukan sekedar penyambutan, begitu Bupati yang dikenal ‘bares’ tersebut tiba dan turun dari mobil, sosok anoman langsung menyambutnya yang diiringi suara baleganjur. Tak berhenti disana, sebelum memasuki GOR, Giri Prasta juga disuguhkan atraksi pencak silat.

Begitu masuk kedalam GOR, sekeha genjek sudah menanti Giri Prasta yang juga datang bersama Putranya yaitu Bima Nata. Disela -sela megenjekan itu, tiga penari joged langsung keluar dan Bupati Giri Prasta pun sempat ngibing hingga nyawer ketiga penari jogged. Selain itu, Giri Prasta juga sempat menyanyikan beberapa lagu kesukannya diatas panggung sambil diiringi oleh sejumlah pecalang.

Kedatangan Bupati Giri Prasta ke Gumi lahar ini dalam agenda penyerahan dana hibah Kabupaten Badung kepada 123 kelompok masyarakat yang ada di Kabupaten Karangasem dengan nilai total sekitar Rp109 miliar.

Baca Juga :  Tak Berproses di MDA Kecamatan, Proses Ngadegang Bendesa Adat Muncan Disebut Tanpa Perarem

Menurut Giri Prasta, in merupakan program Badung berbagi untuk Bali dengan menyerahkan dana hibah ke masyarakat. Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 silam, meski sempat terhenti saat Pandemi namun begitu perekonomian pulih program kembali dilaksanakan hingga sampai saat ini.

“Program ini untuk seluruh masyarakat Bali, tapi besarannya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan seperti perbaikan Balai Banjar, Pura, jalan dan yang lainnya,” kata Giri Prasta kepada wartawan usai menyerahkan hibah tersebut.

Ia menjelaskan, tujuan dari program ini adalah untuk meringankan beban masyarakat Bali. Mengingat selama ini beban masyarakat Bali tidak sedikit dalam melaksanakan berkaitan dengan upacara keagamaan. Sehingga dengan adanya program dari Badung untuk diharapkan bisa meringankan skaligus menggerakkan perekonomian sehingga terjadi pemerataan ekonomi bagi masyarakat Bali.

Selain di Karangasem, dana hibah Kabupaten Badung juga digelontorkan ke kabupaten lain serta hingga keluar Bali untuk membangun Pura. Bahkan di tahun 2024 ini ada lima Pura yang dibangun oleh Kabupaten Badung di luar Bali.

“Hibah ini juga bukan untuk umat Hindu saja tapi semua umat karena kita juga ada melakukan pembangunan Gereja dan Masjid. Karena pada dasarnya kita semua adalah saudara,” terang Giri Prasta.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana sangat mengapresiasi atas hibah yang diberikan oleh Kabupaten Badung untuk masyarakat Karangasem. Menurutnya, hibah ini dipandang sangat membantu perekonomian masyarakat khususnya di Karangasem.

Baca Juga :  Dinkes Karangasem Catat 52 Kasus DBD Sepanjang Bulan April, Waspadai Lonjakan di Musim Hujan

“Saya sebagai Bupati Karangasem mengucapkan terima kasih atas hibah yang diberikan. Dengan hibah tersebut akan meringankan beban masyarakat yang hendak melakukan perbaikan Pura, jalan dan yang lainnya,” kata Gede Dana.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News