DBD
Dinkes Karangasem Catat 52 Kasus DBD Sepanjang Bulan April, Waspadai Lonjakan di Musim Hujan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem mencatat 240 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Karangasem sepanjang tahun 2024 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama kepada wartawan, Rabu (24/4/2024) mengatakan, kasus DBD di Karangasem mulai melonjak sejak bulan Maret 2024 lalu mencapai 106 kasus.

Jumlah tersebut melesat cukup signifikan jika dibandingkan kasus pada bulan Januari sebanyak 25 kasus dan bulan Februari sebanyak 57 kasus DBD.

“Ya lonjakan tertinggi terjadi pada bulan Maret, sementara sepanjang bulan April ini tercatat ada 52 kasus. Kemungkinan bisa saja terjadi lonjakan lagi mengingat cuaca masih tidak menentu,” kata Putra Pertama.

Baca Juga :  Sembilan Atlet Wushu Mohon Restu Bupati Karangasem Sebelum Berlaga di Surabaya

Lonjakan kasus DBD terjadi diduga akibat faktor cuaca yang kadang-kadang panas kemudian hujan deras. Sehingga menyebabkan nyamuk aedes aegypti berkembang dengan cepat. Selain itu, juga ditambah dengan lingkungan yang kurang sehat akibat masih minimnya kesadaran dari masyarakat terkait bahaya DBD.

Namun demikian, pihaknya sudah berupaya melakukan antisipasi untuk dapat mengendalikan jentik nyamuk agar nyamuk tidak sampai berkembang biak lebih banyak lagi dengan cara melakukan pemberantasan sarang nyamuk hingga melakukan fogging di lokasi yang masyarakatnya terkena DBD serta inten sosialisasi ke masyarakat terkait pencegahan kasus.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News