OJK
OJK Gencar Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Melalui GERAK Syariah 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya menggalakkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia dengan mengoptimalkan momentum Ramadan 2024 melalui program Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah) 2024. Dalam upaya ini, OJK bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Pelaku Usaha Jasa Keuangan Syariah (PUJKS), Asosiasi Pelaku Jasa Keuangan Syariah, Bank Indonesia (BI), Kementerian Agama Republik Indonesia, dan lainnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan syariah di Tanah Air.

Baca Juga :  Menuju Energi Bersih, PT ITDC Nusantara Utilitas Pimpin Konstruksi Jaringan Distribusi Pipa Gas Alam di Kawasan The Nusa Dua

Menurutnya, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022, angka literasi dan inklusi keuangan syariah masih rendah, yakni 9,14 persen dan 12,12 persen, dibandingkan dengan angka literasi dan inklusi keuangan nasional.

“OJK dan para pemangku kepentingan akan terus bekerja sama dalam upaya menjangkau masyarakat luas dan mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia,” ujar Friderica, Rabu (13/3/2024).

GERAK Syariah 2024 diselenggarakan di 35 Kantor OJK di seluruh Indonesia dengan melibatkan PUJKS dan pemangku kepentingan di setiap daerah. Kegiatan tersebut meliputi literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, dan kegiatan sosial yang dipadukan dengan literasi/inklusi keuangan syariah. Total target peserta edukasi mencapai 786.929 orang, sementara masyarakat terinklusi dan terlibat dalam kegiatan sosial mencapai 2.074.419 dan 669.347 orang secara berturut-turut.

Rangkaian kegiatan GERAK Syariah 2024 telah dimulai dengan sukses, termasuk talkshow Islami dan webinar edukasi keuangan momentum Hari Hak Konsumen Sedunia. GERAK Syariah 2024 juga menyelenggarakan KOLAK (Kajian dan Obrolan Seputar Keuangan Syariah) dan KURMA (Kompetisi Keuangan Syariah di Bulan Ramadan), yang mencakup berbagai kompetisi seperti lomba kultum, reels edukasi, hadrah, call for content, dan kuis mingguan.

Baca Juga :  Bali Jadi Tuan Rumah WWF, PLN Pastikan Infrastruktur SPKLU Siap Layani Ratusan Kendaraan Listrik Delegasi

Panitia GERAK Syariah 2024 telah menyiapkan hadiah menarik senilai total Rp 80 juta serta e-certificate bagi para peserta. Informasi terkait seluruh rangkaian kegiatan GERAK Syariah 2024 dapat diakses melalui kanal media sosial resmi OJK dan Sikapiuangmu.

Dengan upaya bersama dari OJK dan para pemangku kepentingan, diharapkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia dapat terus meningkat, memberikan manfaat bagi masyarakat luas, serta mendukung perkembangan ekonomi syariah di tingkat global. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News