SMK Fest
Penutupan SMK Fest oleh Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd. Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perhelatan perdana SMK Fest di Bali telah resmi ditutup oleh Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd.

Acara yang berlangsung selama tiga hari dari 20-22 Maret 2024 tersebut diakhiri dengan penuh semangat di panggung terbuka Ardha Candra Denpasar pada Jumat (22/3/2024).

Dalam sambutannya, Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd,. menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan SMK Fest. Ia mengungkapkan bahwa siswa-siswa SMK di Bali mudah tergerak untuk peduli terhadap lingkungan dan kebersihan. Menurutnya, pendidikan yang diberikan oleh pemerintah memiliki pendekatan persuasif yang melibatkan ruang diskusi, kreativitas, serta peluang kerja yang terbarukan.

“Pentingnya kolaborasi antara SMP, SMK, dan SLB serta pertemanan lintas sekolah dalam mendukung visi pemerintah. Ia menegaskan bahwa penerapan konsep link and map merupakan langkah penting dalam menggerakkan sektor pendidikan,”ungkap Dr. Wardani.

Baca Juga :  DPRD Bali Berikan Tanggapan Terhadap Raperda Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Disingung peran sponsor semisal toploker.com  dan puluhan sponsor lainnya, Dr. Wardani Sugiyanto menyampaikan sangat berterimakasih apalagi seperti toploker.com memberikan ruang bagi lulusan SMK untuk mencari pekerjaan.

“Dunia kerja menjadi dalam genggaman bagi lulusan SMK, sehingga mereka lebih mudah mencari pekerjaan dan outputnya mereka yang akan menikmati,” imbuhnya.

Pihak penyelenggara SMK Fest, yang diwakili oleh Ketua Panitia, I Gusti Ngurah Crisna Adijaya, SSTP., MM., yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikpora Provinsi Bali, menyampaikan bahwa jumlah peserta SMK Fest tahun 2024 mencapai 1.164 peserta, meningkat sebesar 776% dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya memiliki rata-rata 150 peserta. Selain itu, jumlah pengunjung SMK Fest mencapai   sebanyak 100 ribu orang selama 3 hari acara.

Adijaya juga menekankan pentingnya peran SDM yang mendukung sektor pariwisata Bali, mengingat provinsi tersebut terkenal dengan potensi pariwisatanya. Dia menyatakan bahwa SMK memiliki peran strategis dalam melanjutkan keunggulan sektor pariwisata di Bali, dengan banyak lulusan yang telah tersedia untuk mengisi berbagai posisi dalam industri pariwisata.

“Lebih lanjut, Adijaya mengapresiasi upaya pelestarian potensi yang ada di Provinsi Bali, termasuk dalam mengatasi masalah sampah, sambil tetap memperhatikan perkembangan kepribadian anak-anak melalui berbagai kegiatan kompetisi dan pendukung lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dapat Alokasi 4.602 Formasi, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pengangkatan PPPK di Tahun 2024

Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah yang melombakan 49 mata lomba bidang seni, olahraga, kompetensi dan inovasi. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News