Ilustrasi anggaran menurun.
Ilustrasi anggaran menurun. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Sejumlah kesenian yang sedianya akan ditampilkan mewakili Kabupaten Karangasem pada Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2024 terpaksa ditiadakan menyusul berkurangnya alokasi anggran yang disediakan dibandingkan tahun sebelumnya.

Kondisi ini diakui oleh Kabid Kebudayaan dan Kesenian, Disbudpar Kabupaten Karangasem, I Nyoman Japa. Kepada wartawan ia mengungkapkan bahwa alokasi dana untuk PKB tahun 2024 ini turun dari Rp890 juta menjadi sekitar Rp850  juta.

“Ya jumlah anggran tahun 2024 ini berkurang sekitar Rp40 juta dibandingkan tahun 2023,” terang I Nyoman Japa pada Jumat (16/2/2024).

Dampak adanya pengurangan anggran ini menurut Japa berimbas langsung terhadap beberapa agenda pementasan kesenian, sehingga kesenian yang sudah direncanakan sebelumnya tidak jadi dipentaskan. Namun demikian, pihaknya akan berusaha memaksimalkan anggran yang ada. Sehingga kegiatan berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Longsor di Desa Gegelang Putus Akses Warga, Alat Berat Kesulitan Jangkau Lokasi

Pembukaan PKB tahun ini rencana digelar pads 15 Juni 2024 mendatang. Sejumlah kesenian yang akan dipentaskan seperti parade Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Perempuan, dan Gong Kebyar Anak sudah mulai latihan. Selain itu, juga sudah melakukan persiapa pada pawai pembukaan pesta kesenian bali termasuk ada kegiatan  parade busana, lomba mewarnai, dan me satwa.

Untuk dana yang dialokasikan sendiri digunakan mulai dari latihan, konsumsi, pakaian kelompok  tabuh saat pelatihan atau pentas. Ditambah  pembukaan kesenian yang tentunya akan membutuhkan anggaran ditambah para peserta  juga diberikan honorariumnya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News