Bulan Bahasa Bali
Puluhan Peserta Ikut Meriahkan Bulan Bahasa Bali Desa Adat Subagan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Desa Adat Subagan, Karangasem melaksanakan Bulan Bahasa Bali yang diikuti oleh puluhan peserta dari kalangan pelajar, yowana hingga paiketan istri (Pakis) di wilayah Desa Adat setempat pada, Jumat (16/2/2024).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Wantilan Desa Adat Subagan tersebut ada tiga lomba yang dilaksanakan, seperti lomba Mesatwa Bali, Lomba Pidarta Bali dan Lomba Nyurat Aksara Bali. Adapun peserta lomba yang terlibat berasal dari 24 Banjar Adat yang ada di Desa Adat Subagan.

Baca Juga :  Pemprov Bali melalui BPBD Berikan Bantuan Kemanusiaan Untuk Warga Kurang Mampu di Desa Sibetan

Bendesa Adat Subagan, I Nyoman Rai kepada wartawan mengungkapkan, Bulan Bahasa Bali di Desa Adat Subagan rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada bulan Februari sesuai dengan instruksi dari MDA dan PHDI Provinsi Bali.

“Ini agenda rutin yang kita laksanakan, pada tahun 2024 ini, ada tiga lomba yang kita laksanakan, untuk Lomba Mesatwa Bali diikuti oleh para yowana, Pidarta Bali diikuti oleh Pakis dan khusus untuk Nyurat Aksara Bali hanya diikuti oleh siswa SD dari 24 Banjar Adat yang ada di Desa Adat Subagan,” kata Nyoman Rai.

Baca Juga :  Puluhan Linmas di Abang Dapat Pelatihan, Tingkatkan Kepekaan Lingkungan Sekitar

Melalui pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ini, Rai berharap Bahasa Bali bisa tetap ajeg dan lestari. Dengan melibatkan peserta dari berbagai kalangan usia, anak-anak, remaja hingga dewasa sehingga kedepannya bahasa bali bisa tetap eksis.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News