DPRD Karangasem
Suasana Gedung DPRD Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Sekitar 40 persen kursi DPRD Kabupaten Karangasem diprediski akan didudukan wajah baru, menyusul banyaknyan kandidat incumben disebut-sebut bertumbangan dari hasil hitung cepat sejumlah Parpol pada Pemilu 2024 ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah calon pendadatang baru yang digadang-gadang perolehan suaranya sukses mengunci kursi dewan Karangasen diantaranya berasal dari Partai PDIP, Demokrat, Nasdem, Hanura, Gerindra dan beberapa partai lainnya.

Para calon yang lolos tersebut tersebar hampir merata di seluruh Dapil yang ada di Kabupaten Karangasem. Salah satu diantaranya seperti caleg Partai Gerindra Dapil IV Karangasem, Ni Komang Molu Indah Juliani dengan raihan suara hampi mencapai 7.000 suara. Ada juga, Caleg PDIP Dapil 1 Karangasem, Sri Winarti dengan raihan suara hampir mencapai 3.000 suara dan Caleg PDIP Dapil Kecamatan Abang, Kadek Yulita Sinta Dewi dengan jumlah suara hampir mencapai 4.000 suara.

Perkiraan 40 persen wajah baru yang akan menduduki kursi Dewan Karangasem juga diutarakan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Pencurian Berantai di Karangasem Berhasil Diringkus

“Di Partai Gerindra lumayan banyak calon baru yang lolos, bisa hadi sekitar 40 persen kursi Dewan Karangasem ditempati wajah baru,” kata Suyasa dihubungi, Senin (19/2/2024).

Terpisah, hal senada juga diungkapkan Ketua DPC Demokrat Karangasem, I Komang Wirawan. Ia menyebutkan, pada Pemilu 2024 ini, hasil hitungan yang dilakulan Partai Demokrat ada 4 caleg Kabupaten yang merupakan pendatang baru diperkirakan lolos.

Melihat banyaknya calon pendatang baru baik dari Partai Demokrat maupun Parpol lainnya juga lolos, ia pun memperkirakan wajah baru di kursi DPRD Karangasem bisa mencapai 40 persen.

“Mungkin saja, seperti dulu pada tahun 2009 dari 40 kursi dewan ada 29 wajah baru yang lolos waktu itu,” ujar Wirawan.

Sementara itu, terlepas dari sejumlah prediksi yang muncul terkait calon yang berpotensi lolos, semuanya baru sebatas prediksi, bisa saja akan terjadi perubahan-perubahan mengingat hasil akhir tetap ada di KPU Kabupaten Karangasem.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News