PENDAKI
Keseleo dan Kedinginan, Pendaki Asal Singaraja Dievakuasi Basarnas dari Lereng Gunung Agung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Seeorang perempuan asal Singaraja bernama Luh Asri Ningsih Widi Nurjaya (23) dievakuasi Tim Sar dari lereng Gunung Agung pada minggu dini hari (11/2/2024) lantaran mengalami keselelo pada kakinya saat melakukan aktivitas pendakian bersama sejumlah rekannya.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana mengungkapkan, awalnya korban bersama sembilan orang rekannya berangkat mendaki Gunung Agung melalui jalur pendakian Pura Pengubengan, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem pada Jumat (9/2/2024) siang.

Korban mengalami keseleo pada kakinya saat perjalanan menuruni lereng Gunung Agung. Selain mengalami keseleo, korban juga mengalami hipotermia atau kedingingan. Kondisi korban ini dilaporkan oleh orang tuanya ke Basarnas pada Minggu dini hari sekitar pukul 02.45 WITA.

“Setelah ada informasi masuk, kita langsung mengerahkan personel untuk melakukan evakuasi, dari informasi awal, korban mengalami hipotermia dan terkilir pada ketinggian 1.760 MDPL, selanjutnya Tim SAR Gabungan melaksanakan evakuasi pada koordinat yang telah ditentukan,” kata Wiadnyana.

Baca Juga :  Arus Mudik di Pelabuhan Padangbai Diprediksi Meningkat, 24 Kapal Siap Berlayar Layani Penumpang

Setelah menentukan posisi koordinat korban, tim langsung bergerak menuju lokasi dimaksud hingga akhirnya tim berhasil menemukan korban. Saat ditemukan, korban dalam kondisi masih stabil. Korban saat itu langsung digendong menuju pos 1 pada ketinggian 1.500 MDPL, setelah sampai di sana korban langsung dilarikan ke Puskesmas Desa Rendang untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Dengan kejadian tersebut, Wiadnyana juga memberikan imbauan kepada para pendaki agar selalu mengikuti arahan dari petugas pengelola pendakian serta memastikan kondisi fisik dan perbekalan yang memadai saat melaksanakan pendakian.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News