Bandara
Awali Tahun 2024, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Tambah Frekuensi Rute Makassar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Bandara International I Gusti Ngurah Rai menutup tahun 2023 dengan catatan positif yakni pelayanan kepada 21,4 juta penumpang atau meningkat hingga 71 persen dibanding jumlah penumpang tahun sebelumnya. Kini di awal tahun, pengelola bandara menerima tambahan frekuensi penerbangan dari dan ke Makassar menggunakan maskapai Batik Air yang terbang langsung setiap hari.

Maskapai Batik Air tersebut beroperasi mulai 11 Januari 2024 dengan jadwal rute keberangkatan dari Makassar – Bali Pukul 05.50 WITA dan kembali dari Bali – Makassar pukul 19.15 WITA. Kehadiran tambahan frekuensi yang menghubungkan Pulau Bali dan Sulawesi ini diharapkan dapat melengkapi kebutuhan masyarakat dengan beragam pilihan jam keberangkatan dari beberapa perusahaan pengangkut atau maskapai.

Baca Juga :  Kunjungi PMI, Grup Astra Bali Jalin Silaturahmi dan Pengembangan Program

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara International I Gusti Ngurah Rai – Bali, Handy Heryudhitiawan mengatakan, hari ini Bandara International I Gusti Ngurah Rai resmi melayani penerbangan langsung dari Makassar menggunakan maskapai Batik Air, tentunya kami menyambut baik atas dibukanya rute ini dan mendukung operasionalnya.

“Dari catatan kami, rute Makassar merupakan salah satu rute domestik tersibuk pada bulan Desember 2023, yang berada di peringkat ketiga dengan jumlah penumpang 48.879. Di peringkat pertama rute Jakarta dengan 486.080 penumpang serta peringkat kedua rute Surabaya 142.781 penumpang,” ungkap Handy.

Dirinya melanjutkan, beroperasinya Batik Air rute Makssar menambah jumlah maskapai yang sebelumnya telah melayani penerbangan langsung dari dan ke Makassar melalui Bandara International I Gusti Ngurah Rai yakni Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

“Artinya adalah permintaan atau demand pengguna jasa cukup tinggi, yang sekaligus akan turut menambah jumlah catatan trafik yang kami layani di tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Ekle's Clinic Kembali Hadir di Bali dengan Layanan yang Lebih Lengkap

Kedepannya Bandara International I Gusti Ngurah Rai akan terus memberikan dukungan bagi penerbangan perdana ataupun reaktivasi penerbangan serta mendorong maskapai untuk dapat memanfaatkan slot-slot penerbangan yang masih tersedia.

“Kami ucapkan selamat untuk Batik Air dengan penerbangan perdananya, semoga terus memberikan layanan terbaiknya. Saat ini kami tengah melakukan koordinasi kepada maskapai agar dapat mendukung pemenuhan rute strategis di Bandara International I Gusti Ngurah Rai dengan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” jelas Handy.

Dapat disampaikan bahwa saat ini Bandara International I Gusti Ngurah Rai telah melayani sebanyak 20 rute domestik yang dilayani 11 maskapai. Selain rute Makassar, di Bulan Januari akan ada tambahan rute baru ke Lampung dan penambahan frekuensi penerbangan ke Balikpapan.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Buka Baligivation 2024, Event Akselerasi Digitalisasi dan Perkuat Perlindungan Konsumen Bali

Sementara itu, untuk rute internasional yang dilayani adalah sebanyak 36 rute dengan 37 maskapai penerbangan. Bandara International I Gusti Ngurah Rai memperkirakan dapat melayani 23,6 juta penumpang di tahun 2024.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News