Pengukuhan
Wali Kota Jaya Negara Hadiri Pengukuhan Manggala Adat dan Prajuru Banjar Buana Kubu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertepatan dengan Rahina Tumpek Landep, Saniscara Kliwon, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri persembahyangan yang juga dirangkaikan dengan Pengukuhan Manggala Adat dan Prajuru Banjar Buana Kubu, Desa Adat Padangsambian, periode 2024-2029 pada Sabtu (30/12/2023) siang, di balai banjar setempat.

Turut mendampingi pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara serta tokoh masyarakat adat setempat.

Jaya Negara menyebut, momentum hari raya Tumpek Landep hendaknya bisa dimaknai sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dalam manifestasinya telah memberikan ketajaman pikiran kepada manusia.

“Melalui peringatan Hari Tumpek Landep dengan persembahyangan bersama ini, kita harapkan akan mampu menyeimbangkan alam semesta beserta isinya. Serta mampu memberikan kekuatan kita sebagai manusia senantiasa mulatsarira dan intrsospeksi diri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pertamina Jamin Pasokan Avtur Aman di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Siap Hadapi Liburan Sekolah

Berkaitan dengan pergantian kepengurusan Manggalan Adat dan Prajuru Banjar Buana Kubu, Jaya Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pengurus yang lama atas pengabdian dan bhaktinya kepada masyarakat, serta mengucapkan selamat mengemban tugas kepada kepengurusan yang baru yang diketahui dipimpin oleh Manggala Adat, I Ketut Warta.

Jaya Negara mengatakan, konsep kolaborasi antara Desa Adat dan Pemerintah Kota Denpasar harus betul-betul dijaga dengan baik, sebagai upaya pelestarian Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya dalam menyokong pembangunan di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Wilayah, Kelurahan Peguyangan Gelar Pendataan Duktang dan Sambangi Rumah Penduduk yang Mudik

“Saya berterima kasih pada kepengurusan yang lama. Dan pada jajaran pengurus yang baru, saya harapkan akan terus dapat berkomitmen untuk berkolaborasi dengan Pemkot Denpasar dalam upaya pembangunan kota dengan semangat Vasudhaiva Kutumbhakam,” tegasnya.

Sementara itu, Kelian Adat Banjar Buana Kubu yang baru saja dilantik, I Ketut Warta mengemukakan, dia bersama dengan jajaran pengurus lainnya akan senantiasa berupaya untuk bahu membahu melalukan upaya pelestarian adat dan budaya untuk mendukung pola pemerintahan di Kota Denpasar.

“Kami siap untuk mendukung pemerintahan di Kota Denpasar, melalui upaya pelestarian adat, tradisi dan budaya, sebagai komponen pembangunan Kota Denpasar yang terus bergerak untuk maju,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News