SMARTPATH
Smartpath ketika melakukan Final Pitch, Mini Expo, dan Penerimaan plakat serta dana pembinaan oleh Vice President Stakeholder Relations & Management PT Pertamina (Persero), Rifky Rahman Yusuf pada 29 November 2023 di The Patra Bali Resort & Villa, Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Banyak para lulusan bingung memilih karir ketika telah menamatkan kuliah. Hal itu bahkan menjadi persoalan klise ketika seorang dari Sastra akhirnya terjebak pada pekerjaan yang tidak berhubungan dengan Sastra. Namun Bramantyo Adiyatma bersama timnya, berupaya memecahkan permasalahan tersebut dengan membuat website Smartpath, sebuah kompas untuk memberikan saran bagi seseorang.

Ditemui di sela–sela Mini Expo Pertamuda Seed and Scale 2023, Bram, panggilan akrabnya menjelaskan SmartPath adalah solusi komprehensif untuk bimbingan sukses kuliah dan karir.

“Kita membantu dari kelas 12, mahasiswa dan fresh graduate untuk perencanaan karir mereka,” ujarnya.

Pada Smartpath ada tiga program yaitu course career planning sesuai jurusan, excellent career preparation course, dan reliable CV dan Linkedin maker.

“Jadi kalau kompetitor hanya karir planning biasa yang engga applicable untuk semua orang, sedangkan kita lebih spesifik dan personalize. Misalnya komunikasi dan manajemen, prospek karir di jurusan tersebut dan skill apa yang harus dikuasai mereka dan rekomendasi kegiatan spesifik tiap semesternya seperti apa, dan itu betul–betul spesifik dan engga terlalu umum. Misalnya disarankan ikut organisasi, kalau kami memberikan informasi harus ikut organisasi apa, rolenya apa dan juga dikasi tahu kesalahan mahasiswa dalam kuliah seperti apa,” jelasnya.

Program kedua adalah excellent career preparation course, yang mana persiapan karir yang lebih komprehensif misalnya CV Linkedin, interview, networking sampai negosiasi gaji.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Apresiasi Hasil Rilis BPS terhadap Perkembangan Perekonomian di Bali

Sedangkan program ketiga dikatakan masih dalam tahap pengembangan reliable CV and Linkedin maker, yang mana CV dibuat oleh Artificial Intelligent (AI), sesuai dengan keyword posisi perusahaannya.

Website telah beroperasi sejak April 2023 dan hingga saat ini telah ada 60.000 orang lebih penguna jasa Smartpath. Dari 60.000 tersebut, 96%  merasa puas dengan saran dan rekomendasi dari Smartpath.

“Mereka para customer merasa ilmunya daging banget karena ini memang engga pernah diajarkan di kuliah. Kita ambil dari praktisi dan itu semua dari top company. Jadi  itu memang ilmu baru bagi mereka dan benar–benar berguna untuk mereka,” ujarnya.

Baca Juga :  Mudik Keluarga Lancar, Simak Inspirasi Penggunaan Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise

Diakui mahasiswa prodi administrasi bisnis UPN Veteran Yogyakarta ini bukan ahli di bidang telekomunikasi, namun ia mampu mengembangkan website ini dengan sukses berkat jejaring yang ia bangun sejak mengikuti Pertamuda 2022. Ia mendapat partner disana, yang mana memiliki kemampuan dalam mengembangkan website.

Setelah Pertamda Seed and Scale 2023 selesai, ia akan mengembangkan produk dengan membuat boothcamp agar para customer mendapat informasi lebih dalam. Selain 3 produk, ia juga akan membuat program hardskill misalnya cara memakai excel namun dengan kata kunci yang berbeda.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Gelar Karya Bakti Lebaran 2024

“Dan itu sudah kami cantumkan saat presentasi final pitch. Dari situ scaliability-nya adalah kita bisa ke B to C atau B to B, jadi itu bisa jauh lebih besar daripada cuma yang sekarang,” ungkapnya.

Selain terjalin jaringan yang luas dengan sesame startup Pertamuda yang ketiga kalinya, ia juga banyak mendapat masukan dari mentor, juri dan investor terkait kebutuhan di dunia industri. Masukan seperti itu bagianya sangat berguna untuk pengembangan produknya ke depan.

“Acara Pertamuda 2023 ini luar biasa banget, selain mentoring, kita juga dipertemukan dengan investor,” imbunya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News