PANZO
Ilustrasi dari TOP 3 Energy Founder selanjutnya, yaitu PANZO, saat melakukan kegiatan Final Pitch, Mini Expo, dan Pemberian plakat serta dana pembinaan oleh Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman pada 29 November 2023 di The Patra Bali Resort & Villa, Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SURABAYA – Hujan tak menjadi kendala untuk tetap beroperasinya panel surya. Di tangan Vanesa Olivia Hariko Panzo, Founder Panzo (Panel Surya Piezoelektrik), panel surya tetap bisa beroperasi dengan cara meng-hybridkan panel surya dengan piezoelektrik.

Sehingga ketika hujan mampu menghasilkan listrik dari tekanan hujan yang mengenai lempeng piezoelektrik. Vanesa mengaku ide tersebut muncul dari keseriusannya mengikuti komunitas renewable energy sehingga membuat wawasannya terbuka karena panel surya memiliki kelemahan pada saat tidak ada matahari.

“Jadi kenapa kita tidak aplikasikan tekanan hujan yang menjadi penghalang sinar matahari, supaya juga menghasilkan listrik. Ketika hujan turun, plat piezoelektrik yang dilengkapi sensor hujan akan bergerak otomatis menutupi panel surya dan menghasilkan listrik dari tekanan air hujan,” ujarnya.

Berkat solar panel ciptaannya itu, seseorang yang memiliki panzo akan mampu menghemat listrik lebih besar daripada panel surya biasa yaitu mencapai 7,7 juta per tahunnya untuk kapasitas 2 kWp. Saat ini solar panel yang dikembangkan hanya mampu menghasilkan energi 2 kWp. Ke depannya setelah menjadi top 3 pada kategori founder energi dan mendapatkan hadiah Rp35 juta, ia mengaku akan mengembangkan dan menyempurnakan kembali alat tersebut bahkan meningkatkan energi yang mampu dihasilkan.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

Lewat Pertamuda ia mampu memiliki koneksi yang luas bahkan calon investor untuk pengembangan inovasinya tersebut.

“Senang banget bisa ikut Pertamuda ini, karena ketemu dengan koneksi yang keren dan bisa dimentoring, jadi ke depannya bisa menciptakan prototype yang lebih baik, lebih proper dan suatu saat bisa dikomersialkan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News