Denfest
Gelaran Denpasar Festival Ke-16 Menarik Ribuan Penonton. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Denpasar Festival (Denfest) ke-16 Tahun 2023 dibuka secara resmi di Kawasan Catur Muka Kota Denpasar pada Jumat (22/12/2023) oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede serta Forkopimda Kota Denpasar.

Garapan inagurasi Jayastamba menjadi penampilan pembuka gelaran tahunan Pemkot Denpasar yang berlangsung pada 22-25 Desember mendatang.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menjelaskan, secara tematik, Denfest tahun ini mengusung tema ‘Jayastambha’ yang bermakna pilar kejayaan. Dimana, dari tema ini turut digemakan konsep pura, puri dan pasar sebagai ikon penting pembangunan masa lampau. Konsep ini dituangkan dalam garapan inagurasi bertajuk Jayastamba dengan menghadirkan ikon-ikon Kota Denpasar.

“Harapan kami secara berkesinambungan Denfest menjadi wahana kreativitas di berbagai bidang, mulai dari seni, ekraf, teknologi, desain, modeling dan lain sebagainya yang masmpu meningkatkan daya saing dan mendukung kemajuan ekonomi di Kota Denpasar,” ujarnya.

Baca Juga :  Selama Arus Mudik Jatimbalinus, Pertamina Catat Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3 Persen

Beragam pegelaran turut mengisi acara mulai dari Penampilan Musik, Pentas Budaya, Fashion Show hingga Cosplay Competition. Serta yang tak kalah penting adalah stand kuliner dan IKM Kota Denpasar.

Lebih lanjut pada acara pembukaan Wali Kota Jaya Negara mengatakan, pelaksanaan Denfest menjadi kegiatan pemuncak atas berbagai pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan dari tingkat banjar, desa, kelurahan, kecamatan hingga Kota Denpasar. Sehingga, selain menjadi wahana kreativitas, Denfest juga dapat mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kota Denpasar.

“Harapan kami kedepan Denpasar semakin maju, semakin kreatif, seni budaya semakin terjaga di Denpasar, dan kami mengajak seluruh masyarakat Kota Denpasar untuk berkunjung ke Denfest untuk menikmati berbagai sajian kuliner, erkraf, fashion, agrikultur, musik hingga pementasan budaya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Luh Putu Riyastiti mengatakan, perhelatan Denpasar Festival berlangsung selama 4 hari ini didukung oleh 178 UMKM unggulan, 24 group musik dan 17 pementasan budaya.

“Pembukaan Denfest ke-16 ditandai dengan pagelaran kolosal Inaugurasi yang melibatkan 2.548 seniman,” ujar Kadis Luh Putu Riyastiti.

Pelaksanaan Denfest diharapkan mampu mendukung distribusi beragam layanan dan produk seni, budaya, teknologi, dan kewirausahaan Denpasar di pentas nasional dan pasar internasional untuk meningkatkan kondisi kerja dan kualitas hidup UMKM.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News