Bugbug
Bugbug Menyapa, Pembukaan Bugbug Festival 2023 Berlangsung Meriah Depan Gapura Sanghyang Ambu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Pembukaan Festival Bugbug 2023 berlangsung meriah di depan gapura Sanghyang Ambu, Desa Bugbug, Karangasem pada Sabtu petang (30/12/2023) yang dihadiri oleh ratusan undangan.

Festival yang baru pertama kali digelar ini mengusung tema ‘Bugbug Menyapa’. Melalui tema ini, Desa Bugbug dengan Gapura Sanghyang Ambu yang megah sebagai ikonnya ingin menyapa wisatawan yang datang karena Bugbug merupakan gerbang pariwisata di Karangasem.

Sejalan dengan tema ‘Bugbug Menyapa’, melalui festival ini juga diharapkan mampu mendongkrak serta mengembangkan potensi pariwisata alam hingga budaya yang ada di Desa Adat Bugbug serta menarik minat kunjungan wisata ke Kabupaten Karangasem.

“Festival ini sebagai ajang promosi potensi pariwisata yang ada di Desa Bugbug supaya lebih dikenal lagi ke tingkat nasional maupun internasional. Sehingga nantinya bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Karangasem serta mendongkrak okupansi hotel yang ada di wilayah Candidasa kedepannya,” kata Kelian Desa Adat Bugbug, Jro Nyoman Purwa Ngurah Arsana di sela-sela acara Bugbug Festival 2023.

Baca Juga :  Puluhan Linmas di Abang Dapat Pelatihan, Tingkatkan Kepekaan Lingkungan Sekitar

Ia mengatakan, potensi pariwisata yang ada di Desa Bugbug cukup beragam dan sangat banyak, mulai dari potensi alam, laut hingga budaya. Ia juga ingin Bugbug Festival ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahunnya sehingg bisa menjadi kalender daya tarik wisatawan serta investor untuk datang ke Desa Bugbug dan Karangasem pada umumnya.

Disamping itu, dengan terselenggaranya Bugbug Festival 2023 ini, Purwa juga ingin menepis berbagai anggapan-anggapan miring yang selama ini berkembang tentang Desa Bugbug serta sebagai upaya untuk meredam konflik yang sempat terjadi di Desa Adat Bugbug sehingga kedepannya bisa tercipta keharmonisan antar sesama warga untuk bersama-sama membangun Desa Adat Bugbug yang lebih baik kedepannya.

Baca Juga :  Berisi Data Penting, Tiga Laptop Milik Sekretariat Bawaslu Kecamatan Kubu Hilang

Untuk diketahui, sebelum dilaksanakan upacara pembukaan Bugbug Festival 2023 ini, Desa Adat Bugbug juga telah melaksanakan sejumlah kegiatan seperti lomba selonding sebagai bentuk pelestarian gambelan warisan para leluhur di Desa Adat Bugbug.

Selain itu, Desa Adat Bugbug juga telah menggelar upacara Kinembulan metatah massal geratis yang diikuti oleh ratusan peserta.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News