SMK _
Bentuk Kalibrasi Pengetahuan Siswa dan Guru, Astra Motor Bali Gelar Kontes untuk SMK TBSM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai upaya sinergi dengan dunia pendidikan dalam menyiapkan dan melahirkan sumber daya manusia unggul dan siap terjun ke dunia kerja. Astra Motor Bali menggelar kompetisi untuk kategori siswa dan guru SMK mitra binaan yang merujuk kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda.

Berlangsung selama dua hari, pembukaan kontes siswa dan guru SMK TBSM dilaksanakan di ruang uluwatu Astra Motor Bali yang diikuti oleh 9 Siswa dan 9 guru pada 11 – 12 Desember 2023.

Pada SMK TBSM 2023, peserta kategori siswa disyaratkan minimal kelas XI. Sedangkan untuk peserta dari kategori tenaga ajar diharuskan sudah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor. Beragam ujian dilalui para peserta mulai dari perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan bahan uji materi sesuai dengan kurikulum yang diterapkan, sedangkan untuk para guru juga akan diuji kompetensi teknik mengajar.

Achmad Wahyudi Irmono selaku Manager Technical Service Departement (TSD) Astra Motor Bali dalam sambutannya mengatakan tantangan kedepan semakin berat untuk itu diperluakn skill khusus yang dapat memperlancar ritme kerja. Kontes siswa SMK TBSM diselenggarakan untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam Sustainability Development Goals (SDG) bidang pengembangan sumber daya manusia dengan dukungan dari PT AHM dalam programnya yang bertajuk ‘Festival Vokasi Satu Hati’.

Baca Juga :  Hari Ini AHASS Siaga Plus di Negara Siap Layani Pemudik

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, beragam upaya pengembangan SMK mitra binaan terus kami jalankan. Program monitoring dan kalibrasi juga kita lakukan secara rutin agar dapat menjaga kualitas ajar di sekolah SMK mitra binaan AHM, kami terus berkomitmen untuk mengembangkan semua kompetensi yang dimiliki sekolah sehingga dapat menghasilkan generasi unggul di bidang vokasi. Kontes ini adalah puncak dari upaya kami bersama jaringan main dealer melakukan pendampingan dan inovasi agar proses belajar mengajar ini dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap di dunia kerja,” ungkap Awi.

Adapun SMK yang mengikuti kompetsi ini adalah 9 SMK mitra binaan AHM Jurusan TBSM Astra Honda diantaranya SMK Negeri 1 Amlapura, SMK Negeri 1 Manggis, SMK Negeri 1 Klungkung, SMK Rekayasa Denpasar, SMK Negeri 1 Denpasar, SMK PGRI 2 Badung, SMK Negeri 2 Negara, SMK Negeri 1 Gerokgak dan SMK Negeri 3 Singaraja.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News