unud
Rektor Universitas Udayana Tandatangani MoU dengan Politeknik Pariwisata NHI Bandung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana (Unud) mengawali kerja sama dengan Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unud dengan Direktur Poltekpar NHI Bandung, bertempat di Ruang Bahasa Gedung Rektorat Unud Kampus Jimbaran, Senin (6/11/2023).

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU ini Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Unud, Ketua LP3M Unud dan Tim serta dari pihak Poltekpar NHI dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Penjaminan Mutu beserta jajaran.

Kerja sama antara Unud dengan Poltekpar NHI Bandung ini akan ditindaklanjuti oleh LP3M dalam hal pendampingan dalam bidang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), serta pelaksanaan kegiatan lainnya sesuai dengan kebutuhan kerja sama yang diusulkan NHI.

Rektor Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D., IPU., dalam sambutannya menyampaikan sekilas mengenai Universitas Udayana yang memiliki dua lokasi kampus di Denpasar dan di kampus Jimbaran, dan saat ini memiliki 13 fakultas dan satu pascasarjana dengan 123 Program Studi, dengan status Unud yang BLU dan beranjak menuju PTNBH, yang diharapkan bisa terealisasi di tahun depan. Melalui kerja sama ini diharapkan hubungan dan komunikasi antara Unud dan Poltekpar NHI bisa lebih dekat dan lebih erat lagi.

Baca Juga :  Tinjau Plan Sicerdas PAUD Denbar, Antari Jaya Negara Harapkan Sinergi Semua Pihak Sukseskan Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan

“Tentu kita sangat berharap, dengan adanya Nota Kesepahaman ini kita bisa bekerja sama lebih erat antara Universitas Udayana dengan Politeknik Pariwisata NHI, mengingat Universitas Udayana juga memiliki Fakultas Pariwisata, nanti bisa lebih dekat lagi  MoU ini direalisasikan pada tataran implementasi, sehingga benar-benar tidak MoU di atas kertas saja dan ada aksinya,” ujar Rektor Unud.

Sementara Direktur Poltekpar NHI Bandung Andar Danova L. Goeltom, M.Sc, CHE dalam sambutannya menyampaikan sekilas mengenai Nasional Hotel Institut (NHI), yang beroperasi dari tahun 1971-1981, hampir 10 tahun. Kemudian mendapat bantuan dan dukungan penuh dari pemerintah Swiss yang pada saat itu fenomena pariwisata sedang naik-naiknya yang memberikan perubahan besar pada sekolah NHI. Poltekpar NHI Bandung ini adalah sekolah pariwisata tertua di Indonesia dan bahkan di Asia Pasifik. Poktekpar NHI merupakan satuan kerja dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan ada enam yang saat ini eksis termasuk Poltekpar Bali. Saat ini memiliki dua kampus dengan 11 program studi dan pascasarjana.

Baca Juga :  Program Tamasya Kelulusan Tak Dilarang, Sekolah Diminta Lakulan Persiapan Matang

Melalui kesempatan tersebut Direktur Poltekpar NHI mengucapkan terima kasih bisa menjalin kerja sama dengan Unud yang tujuannya adalah penjaminan mutu yang akan menjadi gugus depannya, menjadi satu hal yang sangat substansial didalam pengembangan institusi. Sesuai arahan Menparekraf, Poltekpar NHI diminta untuk melaku internasionalisasi dalam Tridharma dimana salah satu unsurnya adalah penjaminan mutu dan akan divisitasi BAN-PT terkait AIPT. Diharapkan mendapat predikat unggul serta telah mendapat suport dari Unud melalui LP3M dan ini menjadi salah satu klausul dari akreditasi yakni kemitraan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News