KUI Unud
KUI Unud Bersinergi dengan Fakultas Pariwisata Jajaki Kerjasama dengan Universitas Ternama Inggris. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perkembangan pariwisata dan pesona Pulau Dewata menarik perhatian Bournemouth University untuk bekerja sama dengan Fakultas Pariwisata (F.Par) Universitas Udayana. Untuk itu Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud memfasilitasi pertemuan antara tim dari F.Par Unud dengan perwakilan dari Bournemouth University (BU) pada Jumat (3/11/2023) di Kantor KUI Denpasar.

Hadir dalam pertemuan tersebut P.A.A. Senja Pratiwi, Ph.D., selaku Koordinator KUI, Dr. Irma Rahyuda selaku divisi kerja sama internasional KUI, Ni Made Sofia Wijaya, Ph.D selaku Ketua Unit Kerja Sama F.Par dan Dr. Nararya Narottama selaku Ketua UPIKS F.Par Unud serta perwakilan Bournemouth University Yeyen Sinarta, MSc selaku Regional Manager SEA, Taiwan and South Korea.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Dukung Penyelenggaraan Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Asia U-17 di Bali

Yeyen Sinarta dalam pertemuan ini membahas peluang kerja sama dengan Unud diantaranya Double Degree dalam bidang pariwisata dimana mahasiswa akan berkuliah di BU dan Unud untuk mendapat gelar ganda.

“BU memiliki program Touring Scheme untuk mahasiswa mereka melaksanakan kegiatan di luar negeri yang dalam hal ini bisa dilakukan di Indonesia,” ungkapnya.

Pihaknya juga menawarkan skema beasiswa untuk mahasiswa berprestasi Unud yang berkeinginan kuliah di BU dan juga study abroad dengan skema transfer kredit.

Menanggapi tawaran yang menarik ini Senja Pratiwi menyarankan agar F.Par Unud dan BU segera merancang MoU dan MoA untuk merealisasikan kerja sama ini.

Baca Juga :  Ketut Adi Sutrisna dan Adi Setiawan Terpilih Sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI Bali Periode 2024-2028

Dalam diskusi, Yeyen mengatakan BU membuka peluang kerja sama tidak hanya di F.Par, fakultas lain juga memiliki peluang yang besar untuk bekerja sama dengan BU. Bahkan saat ini Fakultas Kelautan dan Perikanan juga sudah memiliki project dengan BU.

Selain itu Senja juga menawarkan partisipasi BU dalam acara International Education and Cultural Festival pada 16-17 November mendatang agar informasi menarik dari BU dapat diketahui oleh lebih banyak civitas akademik Unud.

Tim F.Par menyarankan agar kerja sama ini diawali dengan kerja sama Research Collaboration dan Exchange Supervisor dan berharap dengan adanya pertemuan ini akan membuka pintu gerbang kerja sama khususnya dengan BU dan merambah ke Universitas lain di Inggris. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News