Pekan Kuliner Jaya Denpasar
Demo dan lomba memasak oleh ICA Bali di Pekan Kuliner Jaya Denpasar, Kamis (2/11/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop & UMKM), menggelar acara Pekan Kuliner Jaya (PKJ) Denpasar 2023, bertempat di Pasar Ketapian, Denpasar, Kamis (1/11/2023).

Dalam kesempatannya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Denpasar (Kadiskop) Kota Denpasar, I Dewa Made Agung menjelaskan, selain bazzar kuliner kegiatan PKJ juga diisi dengan demo dan lomba memasak, berkolaborasi dengan Indonesian Chef Assosiaction (ICA) Bali dan difasilitasi oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Sewaka Darma Kota Denpasar dalam pelaksanaannya.

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk menyalurkan pemikiran kreatif, melalui pemanfaatan fasilitas pasar-pasar tradisional di Kota Denpasar, agar bagaimana kedepan pelaku-pelaku UMKM kita ini dapat terus berkembang dan lebih produktif lagi di era persaingan bebas saat ini,” jelas Dewa Agung.

Dalam kegiatan tersebut, setidaknya ada sebanyak 16 UMKM kuliner dilibatkan pada acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut, 2-5 November 2023 bertempat di Lantai 2 Pasar Ketapian.

Baca Juga :  Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Pj Gubernur Bali Optimis Dengan Semangat “Ngrombo” Kemiskinan Ekstrem di Bali Tuntas

Sementara itu Ketua ICA Bali, I Gede Putu Hendra Mahena (Chef Hendra) memaparkan, sebagai asosiasi yang berkolaborasi dalam kegiatan demo dan lomba memasak kali ini, memperkenalkan teknik memasak olahan non beras dikombinasikan dengan bumbu-bumbu khas Bali menonjolkan cita rasa tradisional.

Terkait lomba, Chef Hendra menambahkan, ada sebanyak 7 peserta yang mengikuti lomba kali ini, para peserta ditantang untuk menyajikan masakan terbaiknya dari olahan non beras, nantinya pemenang lomba akan diikutsertakan pada event serupa di Denpasar Festival 2023 untuk memperebutkan gelar juara umum.

Baca Juga :  Kelurahan Renon Laksanakan Pendaftaran Penduduk Non Permanen dan Sosialisasi Kamtibmas

“Ini kita berkolabirasi dengan Pemkot Denpasar dalam rangka untuk pembinaan UMKM yang ada. Para peserta lomba kami minta untuk unjuk kebolehan mereka, menyajikan masakan dengan olahan non beras sesuai tema acara. Nantinya juara lomba, akan kami daftarkan di tingkat lanjutan pada Denpasar Festival. Astungkara, semua antusias mengikuti mulai dari demo hingga lombanya,” papar Chef Hendra.

Selanjutnya, Nyoman Suastika selaku Kepala Bagian (Kabag) Umum Perumda Pasar Sewaka Darma Kota Denpasar mengapresiasi kegiatan yang digelar, berharap acara ini dapat menjadi tonggak awal untuk mempromosikan tempat-tempat kosong yang ada di pasar.

Baca Juga :  Ketua WHDI Kota Denpasar Buka Pelatihan Membuat Banten Otonan di Banjar Tegal Kuwalon

“Tentu saya sangat mengapresiasi sekali, berharap kegiatan yang diinisiasi oleh Diskopumkm Kota Denpasar ini kembali digelar di tahun berikutnya, sebagai wadah memperkenalkan pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Denpasar,” tutupnya.(aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News