ADEKKMI
Deklarasi pendirian Asosiasi Dosen Ekonomi Koperasi dan Keuangan Mikro Indonesia, di Hotel Cakra, Denpasar, Kamis (2/11/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Asosiasi Dosen Ekonomi Koperasi dan Keuangan Mikro Indonesia (ADEKKMI) resmi mendeklarasikan dirinya di Bali, sebagai salah satu asosiasi para prakitisi, akademisi, dan peneliti yang konsen terhadap masa depan koperasi Indonesia, mewujudkan pemerataan dan berekonomi secara keadilan, bertempat di Hotel Cakra, Tohpati, Denpasar, Kamis (2/11/2023).

Sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat ADEKKMI, Prof. Dr Ahmad Subagyo menuturkan, berawal dari adanya pemikiran bersama untuk masa depan koperasi Indonesia sebagai sistem ekonomi rakyat Indonesia lebih baik, mampu memabawa keadilan dan pemerataan bagi para pelakunya, pada akhirnya menjadi suatu keputusan bersama untuk mendeklarasikan ADEKKMI sebagai wadah perjuangan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Jadi Narasumber Rakor Tanggap Ancaman Narkoba, Ingatkan Pentingnya Sinergitas Masyarakat dan Pemerintah Sebagai Langkah Pencegahan

“Melalui ADEKKMI ini akan menjadi sebuah jembatan, bagi seluruh akademisi di kampus dengan peneliti ataupun lembaga penelitian, untuk menemukan sebuah terobosan baru yang bisa bermanfaat bagi jati diri koperasi di Indonesia,” ungkap Prof Subagyo.

Selanjutnya ia menambahkan, setelah dilakukannya deklarasi ADEKKMI secara resmi berdiri sebagai sebuah asosiasi, berharap langkah awal ini dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh lapisan masyarakat, mampu memberikan solusi bagi koperasi sebagai salah satu sistem perekonomian masyarakat Indonesia dalam menjawab tantangannya di era selanjutnya.

Baca Juga :  Berjibaku Selama 5 Jam, Tim Damkar Berhasil Padamkam Api Kebakaran TPA Suwung

“Tentunya kami berharap dengan resminya ADEKKMI, bisa mampu memberikan suatu kontribusi positif bagi koperasi, sebagai sebuah sistem yang menaungi cara berekonomi di masyarakat. Yang jelas, kami akan konsen kepada perbaikan-perbaikan terutama kepada para pelakunya melalui edukasi, sebagai misi utama asosiasi ini di masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai asosiasi yang baru lahir, ADEKKMI di bentuk oleh para tokoh-tokoh ekonomi dan koperasi nusantara diantaranya, Prof. Dr. Ahmad Subagyo sebagai Ketua Umum ADEKKMI, I Wayan Sumerta sebagai Penasihat ADEKKMI Bali, Dr. Andina Putri sebagai Koordinator Daerah ADEKKMI Bali, Dr. Luh Komang Candra Dewi sebagai Wakil Ketua Bidang Riset Pengabdian ADEKKMI Bali, dan Drs. Indra Kecapa.(aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News