Safari Kesehatan
Tumbuhkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat, Dinkes Denpasar Kembali Gelar Safari Kesehatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar kembali melaksanakan Safari Kesehatan di Jaba Pura Dalem Desa Pekraman Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan pada Minggu (1/10/2023). Pelaksanaan kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 ini bertujuan untuk meningkatan kesadaran kesehatan kepada masyarakat.

Beragam jenis pemeriksaan kesehatan turut dilaksanakan. Antara lain promosi kesehatan, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, screening Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pengobatan dari UPTD Puskesmas I Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan.

Baca Juga :  Ketua AMSI Bali: Hoaks Menurunkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat pada Pemberitaan Media

Selain itu, pelaksanaan Safari Kesehatan ini turut menggandeng Laboratorium Klinik Prameka yang memberikan pelayanan IVA Test, RSUD Wangaya Kota Denpasar memberikan pelayanan Fisioterapi dan kesehatan tradisional, John Fawcett Foundation Indonesia (JFF) memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata dan obat tetes mata sesuai hasil pemeriksaan, Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali memberikan pelayanan Fisioterapi, serta BPJS Kesehatan Cabang Denpasar yang melayani kepesertaan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, A.A. Ayu Candrawati mengatakan, safari kesehatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan ini untuk mengecek kesehatan dan berkonsultasi kepada dokter yang berkompeten di bidangnya.

Baca Juga :  PJ Bupati Lihadnyana Harapkan RSIA Puri Bunda Berkontribusi Bangun SDM Buleleng

“Safari Kesehatan ini, selain untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional, juga untuk meningkatkan kesadaran dan mendekatkan pelayanan kesehatan, kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan ini untuk mendukung terciptanya kesehatan masyarakat yang berkelanjutan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, koordinasi yang baik dengan seluruh pihak yang terlibat sangat menunjang lancarnya kegiatan safari kesehatan. Safari kesehatan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai upaya promotif, preventif, dan kuratif demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Koordinasi yang baik dengan seluruh pihak yang terlibat menunjang lancarnya kegiatan safari kesehatan yang tentunya berdampak baik pula manfaat nya bagi masyarakat,” tuturnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News